Kegiatan Napak Tilas SDN Madiun Lor 04 Dalam Peringati Sumpah Pemuda

 818 total views,  4 views today

MADIUN-INDONESIA JAYA.

SDN madiun lor 04 yang pernah meraih predikat SD Adiwiyata Nasional 2018, Sabtu (27/10) mengadakan kegiatan napak tilas dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda tanggal 28 oktober 2018.

Dalam kegiatan napak tilas tersebut diikuti oleh siswa kelas IV, V dan VI, sedangkan untuk siswa kelas I, II dan III mengikuti lomba mewarnai yang diadakan di halaman sekolah. Seluruh siswa dalam kegiatan ini menggunakan pakaian lurik ala tahun 1926 dan kebaya untuk anak perempuan.

Napak tilas dimulai pukul 07.30 wib, berangkat dari sekolah menuju ke Taman Makam Pahlawan (TMP) kota madiun. Di TMP anak anak melakukan tabur bunga dan berdo’a untuk arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan menuju monumen Kolonel Marhadi yang terletak di alun-alun madiun, kemudian ke monumen perjuangan di Busbo dan terakhir di monumen TGP (Tentara Genie Pelajar).

Tempat yang dikunjungi anak anak sekolah adalah tempat bersejarah, sehingga nantinya siswa siswi tersebut akan mengetahui sejarah berdirinya monumen tersebut.

Koordinator kegiatan Erna Ratnawati,S.Pd mengatakan, napak tilas ini diadakan untuk mengenalkan siswa siswi tempat bersejarah yang ada di kota madiun, supaya mereka menghormati jasa para pahlawan
dan meneladaninya, sehingga bisa memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Di kantornya Kepala sekolah SDN madiun lor 04 Agung Priyono, M.Pd mengatakan pada awak media Indonesia Jaya , bahwa tujuan napak tilas diadakan untuk menambah rasa nasionalisme, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa pada para siswa.

“Agar siswa memiliki sikap saling menghormati, pantang menyerah dan rela berkorban untuk bangsa dan negara,” harap Agung.

SDN madiun lor 04 pada tahun 2018 ini juga merupakan salah satu SDN Mitra, yang bekerjasama dan disponsori oleh Departemen pendidikan RI. Yang dimaksud SDN Mitra adalah SDN yang membantu SDN lain di Indonesia dalam bidang Managemen, Supervisi dan Kewirausahaan.

SDN madiun lor 04 kota madiun Mitra Sekolah dengan SDN 05 dan SDN 27 paguyaman kabupaten Boalemo propinsi gorontalo sebagai SDN Imbas.(Muchsin/Sutikno/CT)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *