Caleg Kota Probolinggo Bagi Bagi Uang Dilaporkan Bawaslu

 256 total views,  2 views today

PROBOLINGGO-INDONESIA JAYA.

Karena ditemukan bagi-bagi uang atau money politics. Uang yang dibagikan tersebut , ironisnya diberikan oleh istri dan anaknya yang merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ialah Sutanto (53) yang mengetahui kejadian tersebut pada sabtu (13/4/2019) sekitar pukul 11.00 di kawasan perumahan prasaja mulya, RW 5 RT 3, kelurahan kareng lor, kecamatan kedopok.

“Saya mendapati warga yang terima amplop yang berisi uang 100-200 ribu. Di dalamnya terdapat kartu nama caleg. Karena ada indikasi money politics, saya laporkan bawaslu,” ucap pria yang biasa dipanggil Tanto,  juga seorang caleg.

Salah satu bukti uang milik salah satu caleg kota probolinggo yang hendak dibagi-bagikan.

Lanjut Tanto,  yang bagi-bagi uang, adalah Mochammad Bebun, caleg DPRD kota probolinggo dapil 2 kademangan-kedopok.  Yang membagikan adalah istri terlapor yakni, Nurul yang merupakan seorang ASN di salah satu instansi kota probolinggo.
“Itu dibantu istrinya dan anaknya yang juga ASN. Saya minta bawaslu menindak ini apalagi bukti ada, saksi ada. Kalau perlu didiskualifikasi, kan jelas,” tandasnya.
Sementara komisioner bawaslu Ilmiyah mengaku, akan menindaklanjuti laporan tersebut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan komisioner divisi kukum dan penindakan.
“Kita terima dulu ya laporannya. Yang jelas barang bukti dari saksi kita amankan. Nanti kita serahkan ke bagian hukum dan penindakan karena ranahnya itu,” terang Ilmiyah koordinator divisi SDM.
Terhadap laporan tersebut, pihaknya masih belum bisa  menentukan apakah unsur formil maupun materiil terpenuhi. Yang jelas barang buktinya berupa HP istri terlapor, uang sejumlah Rp 1,9 juta dan kartu nama caleg sudah diamankan.
Selanjutnya laporan akan dikaji dan diteruskan ke Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Chlk/CT)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *