Gubernur Khofifah Diperiksa Di Polda Jatim

 457 total views,  2 views today

SURABAYA-INDONESIA JAYA.

Khofifah Indar Parawansa gubernur jatim menjalani pemeriksaan sebagai saksi,terkait kasus jual beli jabatan yang menjerat Romahurmuziy (Rommy) mantan ketua umum PPP,oleh Kombes Pol Frans Barung Mangera kabid humas polda Jatim.

Barung mengatakan, Khofifah menjalani pemeriksaan sekitar pukul 09.00-13.00 wib, di gedung tipidkor ditreskrimsus polda jatim,jumat (26/4/2019).
Dalam hal ini,polda jatim hanya menyiapkan ruang untuk keperluan KPK dalam bertugas.

Terkait apa substansi pemeriksaan hari ini, Barung mengatakan bahwa itu bukan wewenangnya untuk berbicara, dia hanya membenarkan bahwa pemeriksaan itu memang dilakukan di polda jatim.

“Benar ada pemeriksaan saksi di polda jatim, yang sudah dinyatakan oleh juru bicara KPK, Yang mana menyangkut tentang saksi-saksi yang telah ditetapkan oleh KPK,Ibu Khofifah Indar Parawansa bertindak sebagai saksi,” kata Barung.

Dalam pemeriksaan ini, Khofifah diperiksa bersama 4 saksi lainnya,namun,Barung mengaku tidak tahu menahu tentang siapa saja 4 saksi tersebut dan hanya mengenal Khofifah saja.

“Yang kami tahu adalah Ibu khofifah,yang 4 lainnya silahkan ditanyakan ke KPK,Saya sudah bilang substansi ini tanyakan ke KPK,” kata dia.

Sementara itu,dari pantauan di lokasi, sejumlah awak media sudah menunggu kedatangan dari para saksi termasuk Khofifah Indar Parawansa sejak pagi tadi,namun,tidak satupun awak media yang melihat kedatangan Khofifah di polda jatim.

Hanya saja,di sekitar gedung ditreskrimsus sempat dilakukan sterilisasi,sehingga para awak media diminta untuk menjauh dan tidak bergerombol ataupun menunggu di sekitar gedung ditreskrimsus.

“Maaf jangan di sini Ya Rekan,ini area steril, menunggu di sana saja,” kata salah satu petugas.

Sekitar pukul 09.45 wib, Markus Kepala Sub bagian informasi dan humas kanwil kementerian agama jatim sempat terlihat datang ke polda jatim, saat dikonfirmasi,dia membantah kalau kedatangannya tersebut untuk perihal pemeriksaan lanjutan terkait kasus Rommy.

Dia mengatakan,bahwa dirinya datang ke polda jatim hanya untuk melakukan koordinasi, dia juga mengaku tidak tahu menahu soal berapa pegawainya yang akan diperiksa di polda jatim.

“Nggak (diperiksa). Hanya koordinasi, koordinasi aja Saya Kurang tahu (berapa orang),ini hanya koordinasi,” kata dia…

Sekedar diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih berupaya mengusut dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) yang melibatkan Romahurmuziy alias Rommy.

Febri Diansyah juru bicara KPK mengatakan, pemeriksaan sejumlah saksi dilakukan di mapolda jatim karena ada beberapa kegiatan yang dilakukan KPK di surabaya,serta faktor keterbatasan jumlah penyidik.

Namun,Febri tidak menjelaskan detail berapa orang yang dipanggil dan siapa saja yang akan dimintai keterangannya sebagai saksi untuk penyidikan Rommy.

“Ya,ada agenda pemeriksaan saksi untuk RMY, jadwalnya di surabaya,di polda jatim. Nanti akan kami informasikan lagi updatenya,” katanya di kantor KPK, jakarta selatan.

Febri menambahkan, saksi yang akan diperiksa diduga mengetahui,mendengar, atau melihat langsung praktik korupsi yang melibatkan oknum politisi dan pegawai negeri sipil di lingkungan kemenag.

Dalam proses pengusutan kasus ini, Febri menyebut sampai sekarang,penyidik KPK sudah memeriksa sekitar 60 orang saksi,dari unsur PNS kemenag,tokoh agama,politisi dan pihak swasta. (Onkr/CT)

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *