Bulog Jatim Pastikan Stok Beras Aman Hadapi Ramadhan Hingga Akhir Tahun, Tersedia Stok 601 Ribu Ton

 310 total views,  2 views today

Insert foto: Stok Bulok siap

Surabaya, Indonesia Jaya – Kepala Bulog Divre Jatim Muhamad Hasyim mengungkapkan, stok beras yang ada di Jatim saat ini aman untuk menghadapi bulan Ramadhan 2019.

Hasyim mengatakan stok beras di Jatim sekitar 601.000 ton dan stok tersebut, lanjut Hasyim, bukan saja cukup untuk memenuhi kebutuhan beras saat ramadhan dan idul fitri, tapi juga cukup sampai akhir tahun 2019.

“Kebutuhan kita per bulan sekitar 3.000 ton, sementara yang tersedia ada 601.000 ton. Jadi sangat jauh. Stok tersebut cukup sampai akhir tahun,” kata Hasyim seusai rapat koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang ramadhan dan idul fitri di Ibis Hotel, Surabaya pada pekan lalu.

Hasyim menyatakan, stok beras di Jatim akan terus bertambah, mengingat pihaknya terus melakukan penyerapan yang jumlahnya mencapai 2.000-2.500 ton per hari.

Maka dari itu, dia mengingatkan masyarakat tidak khawatir soal ketersediaan beras, meskipun akan segera memasuki ramadhan dan idul fitri.

“Apalagi baru saja kita panen raya, jadi stok beras kita aman,” kata Hasyim.

Bukan hanya beras, Hasyim mengatakan stok bahan pokok lainnya di Jatim aman.

Mulai gula pasir Jatim punya stok 6.600 ton, lalu minyak goreng 41.000 liter, tepung terigu 12.000 kg atau 12 ton, dan ada jagung untuk peternak kurang lebih sekitar 75.000 ton.

Demi menjaga stabilitas harga, Bulog Jatim juga diakuinya terus menggiatkan operasi pasar sejak Januari 2019.

Hasyim juga menjanjikan, akan lebih mengintensifkan dan memperbanyak titik-titik operasi pasar pada ramadhan dan idul fitri.

“Operasi pasar saat ini itu secara terus-menerus yang dilakukan oleh Bulog sejak Januari. Mungkin nanti dalam rangka ramadhan atau lebaran, kita perbanyaknya titik-titiknya juga akan kita perbesar supaya harga bisa stabil,” ujar Hasyim. ( Hadi )

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Redaksi Pelaksana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *