Bupati Blitar Resmikan DESK, Pilkades di Blitar Menjadi Percontohan

 345 total views,  2 views today

Insert foto: Bupati Blitar resmikan DESK

Blitar,Indonesia Jaya
Kabupaten Blitar pada tahun 2019 akan mengelar Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) serentak yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober
2019 mendatang. Tiga Bulan menjelang pelaksanaan pilkades serentak Pemerintah Kabupaten Blitar meresmikan Dukungan Elemen Satuan
Kerja ( DESK ) pada Pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2019, bertempat di Pendopo Ronggo Hadinegoro pada Rabu 12/6.

DESK Pilkades Tahun 2019 diresmikan oleh Bupati Blitar Drs.H.Rijanto MM dengan keputusan Bupati Blitar nomer 188/238/409.06/KPTS/2019 tentang pembentukan DESK Pilkades serentak Kabupaten Blitar 2019.

Keanggotaan DESK itu sendiri pengarah yang langsung dipegang oleh Bupati Blitar dan Wakil Bupati Blitar sebagai penanggung jawab dan Koordinator diambil dari unsur Forpimda Kabupaten Blitar. Ketua DESK dijabat oleh Seretaris Daerah Totok Subihandono, Wakil Ketua Asisten Pemerintahan dan Kesra Mohamad Husein, Sekretaris DESK Pilkades Bambang Dwi Kepala Bagian Pemerintahan dan seluruh Kepala Orgamisasi Perangkat Daerah ( OPD ),Camat serta Muspika menjadi anggota DESK Pilkades 2019.

Setelah resmikan DESK Pilkades memiliki berbagai tugas yang akan dilaksanakan. Mulapara ri merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan semua tahapan pemilihan serta melaksanakan tugas dan wewenang lainnya yang telah ditetapkan Keputusan Bupati. “DESK Pilkades yang sudah terbentuk harus menguasai aturan-aturan yang ada, setelah menguasai mengadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) di Wilayah masing-masing,” ujar Rijanto usai peresmian DESK Pilkades
2019.

Menurut Bupati, Kabupaten Blitar di tahun 2019 ini, akan mengadakan Pilkades serentak sejumlah 167 desa, 4 desa diantaranya masih menunggu proses penentapan. Yang mana pelaksanaan Pilkades itu tentunya ada beberapa tahapan-tahapannya.

“Diantaranya, tahap persiapan dimulai 18 Juni sampai 27 Agustus 2019, tahap pencalonan 30 Juli sampai dengan 14 Oktober 2019, pemungutan suara 15 Oktober sampai 18 Oktober 2019 dan tahap penetapan 16 Oktober sampai 13 Desember 2019 sekaligus pelantikan,” terang Bupati. Bupati Blitar mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk membantu menjaga kesehatan para panitia penyelengara Pilkades serentak dan juga anggota DESK yang ada sampai ditingkat kecamatan.

Foto: Saat berlangsungnya acara

“Seperti diingatkan oleh Kapolres Blitar, Dandim 0808 juga memberi masukan diantaranya masalah kesehatan. Dimana, pengalaman waktu pilpres dan pileg kemarin karena kita lengah terhadap kesehatan para petugas di lapangan ada kejadian meninggal dunia meskipun sebelumnya memang sudah sakit,” tambahnya.

Terakhir, dengan adanya Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Blitar Tahun 2019, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat untuk berpatisipasi dalam mensukseskan pemilihan, agar dapat berjalan dengan lancar, demokratis dan menghasilkan pemimpin Pemerintah Desa yang berkualitas.
Sementara itu, Kabag Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar Bambang Dwi Purwanto menambahkan, tahapan pilkades serentak akan dimulai dengan persiapan mulai 18 Juni hingga 28 Agustus 2019, tahapan pencalonan dan hari H pemungutan suara pada 15 Oktober 2019. Kemudian dilanjutkan dengan penetapan dan pelantikan pada 13 Desember 2019.

“Apabila ada masalah, panitia akan memberikan waktu tiga hari untuk konsolidasi dengan panitia. Waktu yang kami berikan di antaranya tiga hari pasca-pemungutan suara. Yakni 16-18 Oktober 2019,” ungkap Bambang.

Sementara masing-masing desa yang melaksanakan pilkades serentak 2019 akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 50 juta yang melekat di kecamatan. “Masing-masing desa diberi anggaran maksimal sebesar Rp 50 juta. Anggaran ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing desa pelaksana pilkada,” kata Bambang.

(hms/edy/fm)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Redaksi Pelaksana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *