Bupati Lakukan Ziarah ke Makam Pangeran Muhamad dan Siti Armilah.

 841 total views,  6 views today

Insert foto: Bupati sholat bersama Muspika

Majalengka,Indonesia jaya – Dalam rangka memperingati hari jadi Majalengka yang ke 529, Pemerintah Kabupaten Majalengka berziarah ke pemakaman pendiri Kabupaten Majalengka Pangeran Muhamad, bertempat di Margatapa, Juma’t (14/6).
Kegiatan Ziarah diikuti Ketua DPRD Kabupaten Majalengka, Sekretaris Daerah, unsur Forkominda, Kapolres, Kajari, Dandim 0617 yang diwakili Pasiter, Dan Lanud S.Sukani, Ka Kemenag, Ketua beserta Wakil Ketua TP-PKK Kab.Majalengka, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Majalengka, Ketua MUI Kabupaten Majalengka, para staf ahli, Asisten Daerah, para Kepala OPD, para Camat, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka, tokoh agama, kuncen makam serta masyarakat Kelurahan Cicurug.

Foto: Saat pembacaan doa bersama

Acara diawali dengan pembacaan sejarah singkat kiprah Pangeran Muhamad di bumi Sindangkasih Majalengka oleh Ketua DPRD Kabupaten Majalengka serta sambutan Bupati.

Dalam sambutannya Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan bahwa pada saat yang berbahagia untuk yang kesekian kalinya kita dapat berkumpul di hamparan atau areal tempat bersemayamnya pahlawan kita salah satu pahlawan kita salah satu pejuang kita yaitu Pangeran Muhamad. Ziarah kubur adalah sebagai bentuk ritual intinya adalah kita menyampaikan doa untuk pendahulu kita apa yang disampaikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis bahwasanya kita diminta untuk memperbanyak mengingat pemutus kelezatan yakni kematian. Jadi ketika kita berkunjung ke tempat ini kita akan ingat akan dikubur seperti ini oleh karena itu menjelang Puncak hari jadi Majalengka yang sudah lewat tanggal 7 Juni yang lalu dan baru kita akan melaksanakan pada tanggal 17 Juni hari Senin, kiia akan persembahkan doa untuk pejuang kita yaitu Pangeran Muhamad.

Lebih lanjut Bupati menambahkan bahwasanya tanpa terasa 529 usia Majalengka yang cukup matang bagi sebuah perjalanan historis, perjuangan dan pembangun yang harus kita jalankan di Kabupaten Majalengka yang sampai hari ini baru seperti ini kita persembahkan kepada pendahulu, kita yakin kan kepada para pejuang yang merintis Kabupaten Majalengka dengan usia tersebut sudah beberapa generasi yang secara turun-menurun berusaha keras untuk membangun dan mengisi lembaran sejarah Majalengka serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang Sugih Mukti kertaraharja setiap hari kita melaksanakan peringatan hari jadi Majalengka maka akan selalu diingatkan dengan peran dan spirit Pangeran Muhammad karena bagaimanapun beliau adalah orang tua kita dan pejuang serta jasa jasanya yang sangat besar di samping memaknai perjalanan historis dan perjuangan beliau dalam meletakkan dasar kabupaten Majalengka termasuk penyiaran agama Islam adalah bagaimana kita mengangkat pemaknaan dari proses itu menjadi sebuah spirit dan semangat kita untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Majalengka.

Foto: Persiapan doa bersama

“Semangat yang dimiliki oleh Pahlawan kita patut menjadi contoh dan diharapkan akan tumbuh subur pada sanubari generasi muda karena perlu disadari bersama bahwa tantangan hidup yang pada saat ini dan akan datang akan semakin berat selanjutnya mari kita hadirkan hati dan kekhusyuan kalbu kita untuk memanjatkan doa pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala khususnya bagi almarhum Pangeran Muhammad dan Siti armilah semoga arwah beliau diterima”, tutup Bupati.

Usai sambutan acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan doa oleh Ketua MUI, kemudian diakhiri dengan doa dan menabur bunga di pusara Pangeran Muhamad, dilanjutkan dengan tabur bunga di makam mbah badori (Siti Armilah).

(Hms / Tata )

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: Redaksi Pelaksana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!