Bupati Blitar Membuka Tahapan Pilkades Serentak Tahun 2019

 404 total views,  2 views today

Insert foto:

Blitar,Indonesia Jaya

Dalam rangka pelaksanaan demokrasi penyelenggaran pemerintah desa sebagai wujud pemerintahan yang otonom, salah satunya adalah dengan melaksanakan pemilihan kepala Desa. Kabupaten Blitar akan menyelenggarakan Pilkades serentak 2019 sebanyak 167 Desa.

Menjelang pelaksanaan Pilkades yang tinggal 4 bulan kedepan, Bupati Blitar membuka secara resmi Tahapan Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) serentak 2019. Pembukaan Tahapan Pilkades 2019 bertempat diruang Candi Penataran Kantor Pemerintahan Kabupaten Blitar.
Wakil Desk Pilkades Serentak 2019 Achmad Husein mengatakan kegiatan tahapan pilkades merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang kemarin peresmian Dukungan Elemen Satuan Kerja ( DESK ) di Pendopo Ronggo Hadinegoro.Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Blitar nomer 188/273/409.06/KPTS/2019 tentang Penetapan Desa yang melaksanakan pemilihan Kepala Desa serentak di wilayah Kabupaten Blitar tahun 2019. Jumlah 167 bukannya sedikit, kegiatan ini yang banyak melibatkan banyak masyarakat maupun melibatkan petugas keamanan dan panitia,”terangnya

Lanjut Husein dari kegiatan Pilkades serentak perlu diatur dengan sebaik-baiknya melalui keputusan Bupati yang memacu pada Permen,Perda dan Undang-undang yang tahapan itu kemarin. Pemkab Blitar dalam pelaksanaan Pilkades serentak tealh menyiapkan lembaga DESK yang merupakan tim fasilitasi, untuk memfasilitasi para Camat, Kepala Desa, Ketua BPD maupun Panitia pelaksanaan agar pilkades dapat berjalan lancer, tertib dan aman. Kegiatan hari pesertanya para Camat, Kades dan BPD untuk mempersiapkan pelaksanan pilkades sesuai dengan ketentuan dan aturan,”imbuhnya.
Saat diwawancarai Bupati Blitar Drs H Rijanto MM mengatakan pada hari ini adalah Tahapan Pilkades serentak dalam penjelasan-penjelasan teknis dan mungkin ada masukan-masukan dari Kepala Desa maupun BPD dibuka secara seluas-luasnya. Bagi mereka yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades harus menguasai aturan-aturan dan bekerja secara Netral,”jelasnya.

Bupati Blitar Rijanto berharap masyarakat yang mempunyai Hak pilih ini kesempatan,bahwa masyarakat punya otonomi, aspirasi disalurkan untuk memilih Pemimpin yang terbaik,”ungkapnya.
Sebagai catatan ada empat Tahapan dalam pelaksanaan pilkades di Kabupaten Blitar tahun 2019. Tahap persiapan pada 18 Juni hingga 27 Agustus 2019, Tahap kedua pencalonan tanggal 30 Juli hingga 14 Oktober 2019, Tahap Ketiga Pemungutan suara tanggal 15 Oktober 2019 dan Tahap keempat penetapan tanggal 16 Oktober s/d 13 Desember 2019 (Pelantikan).

( humas/edy/ma)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ma'sum Af

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *