Sampah Kiriman Numpuk Di Sungai Kramat

 321 total views,  2 views today

Insert foto: sampah menumpuk disungai Kramat Indah

Cirebon. Indonesia jaya

Sampah yang didominasi styrofoam terlihat menumpuk di Sungai Kramat Indah, Desa Pilang Sari RT.01 RW.04, Kecamatan Kedawung , Kabupaten Cirebon.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia jaya, Minggu (7/7/19), sampah itu tampak mengambang diatas air sungai yang tidak mengalir karena sungai tersebut debit airnya sudah mulai menurun.

Selain sampah styrofoam, di sungai itu juga terdapat sampah plastik bekas makanan dan botol bekas. Sehingga dengan adanya sampah tersebut menjadi perhatian warga setempat.

Menurut warga setempat, Dede Robana (34) sampah tersebut merupakan sampah kiriman dari sungai sumber yang berada di kawasan Kabupaten Cirebon setiap hujan deras mengguyur Kabupaten Cirebon.

Foto: Sepanjang sungai kramat indah rt. 01 rw. 05 sampah menumpuk.

“Sungai ini sudah sering tercempar sampah kiriman ketika musim hujan, kalau warga disini tidak ada yang membuang sampah ke sungai. Jadi sampah-sampah ini hanya sampah kiriman,” ujarnya saat ditemui di sekitar Sungai Kramat Indah, Minggu (7/7/19).

Untuk mengangkut sampah dari sungai itu, kata dia, warga setempat sukarela membersihkannya secara gotong royong. Namun meski kerap dibersihkan sampah tersebut kerap mencul kembali.

“Pemerintah Kabupaten Cirebon sekarang ini cuman bisanya tutup mata dan tutup telinga tidak melihat sampah menumpuk di sungai kramat indah Rt. 01 Rw. 04 Pilang sari Kabupaten Cirebon.
Kalau pemerintah kabupaten cirebon bener bener memperhatikan sungai kramat indah Rt. 01 Rw. 04 Pilang sari tolong awasi dari sungai sumber menuju sungai kramat indah. Ujar Dede
Hal senada dikatakan, warga setempat Anies (39), bahwa pemandangan itu bukanlah hal baru, terlebih ketika memasuki hujan.

Ia mengatakan, adanya tumpukan sampah itu dikarenakan prilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke area sungai, sehingga sampahnya terbawa air ke sungai yang ada di wilayahnya.

“Sudah pasti ini perilaku masyarakat dari daerah lain yang berada di kawasan sungai yang menuju sungai kramat indah, jadi saat hujan deras sampah terbawa kesini karena saat hujan air sungai mengalir deras,” katanya

(Nurhari)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ma'sum Af

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *