Pembukaan Pekan Budaya dan Pariwisata Kab Kediri 2019

 440 total views,  2 views today

Insert foto: Salah satu penampilan peserta

Kediri, Indonesia Jaya
Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2019 kembali digelar. Agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Kediri merupakan promosi budaya dan pariwisata dengan mengangkat tema besar dari cerita panji.

Event tahunan yang bertajuk Panji Balik Kampung, Nyawijining Hanyengkuyung Kadiri Hanggayuh Mukti, merupakan inspirasi Kreasi Berbagai kebudayaan yang ada di Nusantara. Selain itu Kebudayaan Panji sudah diakui oleh Unesco sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Gelaran Tahunan dibuka langsung oleh Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno, dengan ditandai pemberangkatan
Pawai Budaya dan Mobil Hias didepan kantor Pemerintah Kab Kediri jalan Soekarno Hatta No 01 Sukorejo Kec Ngasem, Minggu (7/7/2019).

Simbolis pemberangkatan peserta Pawai Budaya dan Mobil Hias, dilakukan Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno dengan pengangkatan bendera start sebagai tanda pelepasan sebanyak 40 peserta dari berbagai instansi yang ada diKabupaten Kediri dan luar Kediri.

Dalam sambutannya Bupati Kediri, Hj. Haryanti Sutrisno mengapresiasi antusias peserta mobil hias yang sangat bagus, beliau merasa sayang dengan mobil hias yang berjalan jaraknya terlalu dekat, hanya sampai area SLG, dengan itu Bupati Kediri akan memperpanjang rute mobil hias Hingga ke Pare.

“Hal tersebut dimaksudkan supaya lebih banyak warga Kab Kediri yang dapat menyaksikan kemeriahan dan keindahan pawai Pekan Budaya, dengan melewati wilayah gurah dan berakhir di Pare, “ungkap Bupati Kediri.

Seperti yang diutarakan Bupati Kediri Dr.H.Haryanti Sutrisno, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh pemkab, dengan agenda ini diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian dilingkungan sekitar.

Foto: Peserta dari gudang garam

“Banyak ragam acara yang dikemas dalam event Pekan Budaya dan Pariwisata ini. Mulai dari pawai mobil hias, tari kolosal seribu barong, hingga bazar UMKM yang digelar selama 7 hari dimulai pada hari ini 7-13 Juli,” ujarnya.

“Diharapkan dengan agenda yang bersamaan serta continue ini mampu memberikan stimulus terhadap pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Kediri. Semakin banyak masyarakat yang datang dan berbelanja disini. Maka berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi lingkungan setempat,” ungkap Bupati Kediri.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setyawan mengatakan,event ini dibuka dengan Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias di depan Kantor Pemkab Kediri,dan finish di Kawasan Simpang Lima Gumul. Peserta melakukan long march hingga tiba di titik finish yaitu di depan Kantor Bank Daerah SLG.

“Sebelum Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias, masyarakat sudah bisa mengunjungi stand-stand Pameran Pariwisata, Budaya dan UMKM yang dipusatkan di Kawasan SLG. Untuk pameran ini akan berlangsung tanggal 7- 13 Juli 2019, ” ujarnya.(ko).

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ma'sum Af

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *