Tasyakur Panen MAPAG SRI Semoga Hasil Bumi Melimpah, Cibogo Sejahtera dan Berkah.

 767 total views,  2 views today

Insert foto: muspika, para rekan Kuwu sekecamatan Waled, Kepala UPT, dari Disbudparpora kabupaten Cirebon

Cirebon, Indonesia jaya

Desa Cibogo melaksanakan kegiatan Tasyakur Panen “Mapag Sri”. Mapag Sri adalah salah satu adat/budaya masyarakat Indonesia khususnya Jawa dan Sunda yang dilaksanakan untuk menyambut datangnya panen raya sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Mahaesa.

Acara Tasyakur Panen “Mapag Sri” Dihadiri oleh muspika,para rekan Kuwu sekecamatan Waled, Kepala UPT, dari Disbudparpora kabupaten Cirebon jawa barat dan antusias masyarakat warga cibogo memadati area depan balaidesa cibogo.

Foto: Antusias masyarakat desa cibogo luar biasa.

Menurut Kuwu Cibogo Kabupaten Cirebon Ahmad Hudori Mapag Sri apabila ditilik dari bahasa Jawa halus mengandung arti menjemput padi. Dalam bahasa Jawa halus, mapag berarti menjemput, sedangkan sri dimaksudkan sebagai padi.

Maksud dari menjemput padi adalah panen. Mapag Sri dilaksanakan dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur para petani kepada Tuhan Yang Mahaesa karena panen yang diharapkan telah tiba dengan hasil yang memuaskan.

Foto: Di tengah kuwu cibogo Ahmad Hudori di dampingi istrinya dan perangkat desa cibogo

Menambahkan Mapag Sri dilaksanakan menjelang musim panen. Meskipun panen ini berlangsung setiap tahun. Selanjutnya ia menyampaikan, Mapag Sri dilakukan untuk menyambung tali silaturahmi warga. Untuk menyambung tali silatuhrahmi warga desa agar saling ketemu di acara tersebut. Ujarnya

(Nurhari)

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: Ma'sum Af

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *