414 Kepala Desa di Bojonegoro Dapat Pembinaan Percepatan Pembangunan Desa

 578 total views,  2 views today

Insert foto: Pemkab Bojonegoro melalui (DPMD) mengadakan pembinaan Kepala Desa se-Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Malowopati, Kamis (18/7/2019)

BOJONEGORO,Indonesia Jaya

Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengadakan pembinaan Kepala Desa se-Kabupaten Bojonegoro di Pendapa Malowopati, Kamis (18/7/2019).

Pembinaan kades ini diselenggarakan dalam rangka “Sinkronisasi Program Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Desa Guna Percepatan Pembangunan di Kabupaten Bojonegoro.”

Ada beberapa narasumber yang turut dilibatkan untuk menyampaikan materi pembinaan, yaitu dari perwakilan DPMD, Dinas Sosial serta BPJS Kesehatan. Dalam acara turut hadir pula Bupati Bojonegoro, Wakil Bupati Bojonegoro, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, perwakilan OPD, 414 Kades serta 28 Camat seluruh Kabupaten Bojonegoro.

Sebelum acara pembinaan dimulai. Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan beberapa pesan. Yang pertama adalah Alokasi Dana Desa (ADD) akan mengalami peningkatan yaitu sebanyak Rp 1 miliar.

Kedua, nantinya akan ada peraturan bupati tentang percepatan pembangunan berbasis perdesaan. Di mana untuk memetakan kondisi desa dan mengurangi kesenjangan, serta mempercepat pembangunan guna meningkatkan ranking Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Target kita adalah menurunkan 1,5 persen angka kemiskinan,” tutur Bupati. Bupati juga menambahkan bahwa pelantikan kades akan diselenggarakan pada 4 September 2019 mendatang.

Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto mengatakan, setelah pembinaan kepala desa harus menghasilkan output nyata yaitu untuk pembangunan desa secara menyeluruh.

Berdasarkan UU Nomor 6 Pasal 79 Tahun 2014, disebutkan bahwa Pemdes dalam menyusun perencanaan pembangunan, harus mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) serta Rencana Kerja Pemdes (RKP).

“Pembinaan kepala desa ini sebagai agenda evaluasi atas kebijakan antara program Pemkab Bojonegoro dengan Pemerintah Desa. Sehingga program program kesejahteraan masyarakat dapat berjalan,” kata Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto. (Sunarto)

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: Ma'sum Af

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!