BKPSDM Depok Gelar Sosialisasi Peraturan Pernikahan dan Perceraian Bagi ASN.

 497 total views,  2 views today

Caption: Kepala BKPSDM Depok Supian Suri

Depok,Indonesia jaya
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok hari ini menggelar Sosialisasi dan Pembinaan Peraturan Kepegawaian. Kali ini, pihaknya membahas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 1990, sebagai perubahan atas PP Nomor 10 Tahun 1983 tentang Perkawinan dan Perceraian Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Kepala BKPSDM Kota Depok, Supian Suri mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 100 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari sekertaris dinas/badan, sekretaris kecamatan, dan lurah. Dengan keikutsertaan mereka diharapkan bisa menyampaikan kembali informasi perubahan PP ini kepada ASN lainnya di unit kerja mereka.

“Kegiatan ini digelar karena kami melihat adanya kecenderungan penambahan permasalahan proses gugat cerai di kalangan ASN. Karena itu, untuk menangani permasalahan itu secara administratif, para ASN Depok harus memahami ketentuan peraturan undang-undang tentang pernikahan dan perceraian,” katanya usai kegiatan di Hotel Bumi Wiyata Depok, Rabu (28/8/19).

Dikatakannya, walaupun ada peraturan yang baru, namun PP Nomor 10 Tahun 1983 masih tetap berlaku. Karena revisi dari peraturan tersebut bersifat penambahan untuk hal-hal tertentu.

Supian mencontohkan, seperti nikah siri yang saat ini bukan lagi termasuk delik pengaduan. Artinya, apabila pimpinan perangkat daerah mengetahui ada anak buahnya yang terindikasi melakukan pelanggaran tersebut, tanpa harus menunggu laporan bisa langsung diproses atau ditindaklanjuti sesuai ketentuan.

Termasuk, lanjutnya, untuk urusan menambah istri. Menurutnya, tidak dibebaskan begitu saja atau cuma sekadar izin dari istri pertama. Misalkan, imbuhnya, kondisi istri pertama memang sudah tidak bisa melayani hak suami atau tidak punya anak dalam kurun 10 tahun.

“Tetapi itu juga harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter,” pungkasnya.(Hms/Nurhari)

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: Ma'sum Af

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *