Ada Wono Budoyo Di Sedekah Bumi Tulung

 2,602 total views,  2 views today

Caption: panggung ketoprak Wono Budoyo di Sedekah Bumi Tulung

Rembang.Indonesia Jaya– Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi, kegiatan tersebut dilakukan rutin disetiap tahunnya, seperti yang dilakukan di Desa Tulung Kecamatan Sarang Kab Rembang. Sabtu (31/8/19)

Acara Sedekah bumi tersebut dimulai dari pagi pukul 06.30 WIB dengan membawa Tumpengan Desa ke pemakaman umum setempat dengan menggelar Doa bersama yang tujuannya agar para sesepuh desa yang terdahulu diberikan berkah.

Foto: Masyarakat dari kecil hingga dewasa semua berduyun duyun menyaksikan pagelaran ketoprak Wono Budoyo di acara sedekah bumi

Selanjutnya warga yang dirumahpun ikut membagikan nasi tumpeng ke sanak saudara yang ada di desa sekitarnya untuk saling berbagi rasa syukur sedekah bumi. Kali ini desa tulung dalam acara sedekah bumi menghibur dan memeriahkan warganya dengan mendatangkan group seni ketoprak dari Desa Terongan Wonokerto Kecamatan Sale, yang digelar dilapangan Desa Tulung, dengan judul kembang sepasang lahirnya joko sungkowo, seni budaya ketoprak dimulai jam 12.00 WIB, sampai dengan jam.17.00 WIB dan dilanjut lagi malam hingga selesai.

Dalam kesempatan itu ketua panitia acara mengatakan.” bahwa acara ini digelar bertujuan untuk memeriahkan dan menghibur warganya dalam acara sedekah bumi desa Tulung,” jelasnya. {Bledex}

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: Ma'sum Af

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *