Desa Gebang Ilir adakan Acara Ulang Tahun Hari Jadi Desa Ke 179

 654 total views,  2 views today

Caption: (Kanan) H. Selamat Kuwu Gebang Ilir dan Ketua panitia Sulaiman

Cirebon,Indonesia Jaya
Ketua panitia hari jadi gebang ilir yang ke 179 Sulaiman mengatakan, acara hari ulang tahun Desa yang ke 179 tahun ini berbagai kegiatan seperti pertama bebarikan di blok Karangturi lalu kemudian tawasulan di makam Astana Gunung Amparan di lanjutkan kemudian malamnya ada acara rembuk adat sama dokter Open Safari asin

Kemudian kemarin itu pentas seni tradisi di antaranya tari topeng dilanjut pentas musik dan hari ini terakhir tanggal 9 pentas wayang golek cepak.

Sejak Haji Slamet sebagai Kuwu Gebang Ilir sudah 2 tahun mengadakan kegiatan ulang tahun Desa Gebang Ilir. Jadi ini berdasarkan rembuk adat kemarin memang harus diadakan kegiatan tersebut. Tapi untuk kepastian tahunnya berapa di ketahui dan kalau sih sudah dipastikan tanggal 9 itu tahunnya berapa masih digali lagi.

Cuman panitia untuk tahun ini sudah terlanjur mengeluarkan angka 179 itu Patokannya di Desa Gebang Kulon itu Kuwu pertama 1840. Jadi kita kiblatnya ke sana tapi berdasarkan terbuka dan kemarin dihadiri tokoh-tokoh masyarakat ini masih dalam proses penggalian terus sejarahnya dengan tokoh-tokoh seniman budayawan dan para sejarawan mencoba memunculkan dan menggali kearifan lokal sebagai landasan Desa Gebang Ilir.

Foto: Saat acara

Insyaallah juga tahun depan 2020 kita kan mereplikasi itu Bogor yang ada di Museum Sri Baduga Bandung yang ditemukan di makam Astana Gunung Amparan.

Untuk antusias masyarakat lumayan baik termasuk kemarin berikan juga banyak akan tetapi sepertinya masyarakat lebih suka acara yang kayak tahun kemarin. Tahun kemarin itu pentas tradisi tari-tarian daerah semua harapan saya selaku panitia untuk mencoba menggaet generasi muda mengedukasi generasi muda

Bahwa sejarah dan kebudayaan itu penting dan bisa menjadi landasan pijakan untuk ke depan. Supaya pola pikir generasi muda tidak tergerus oleh pola pikir budaya barat, selama ini kita mengadakan ini murni dari Desa sendiri.

Menambahkan” Kuwu Gebang Ilir H. Selamat mengatakan Kegiatan ini ulang tahun hari jadi Desa Gebang Ilir yang ke-179 tahun. Harapan saya semenjak adanya Desa di sini belum pernah mengadakan acara di Gebang Ilir. Selama pimpinan saya 2 tahun berturut-turut Desa Gebang Ilir di adakan ulang tahun hari jadi Desa.

Kenapa saya mengadakan ulang tahun hari jadi Desa. Karena saya mau cucu cucu kita nanti bisa tahu kebudayaan di Desa Gebang Ilir saat ulang tahun hari jadi Desa” ujarnya (N. Hari)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ma'sum Af

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *