Cegah Corona Desa Simo Lakukan Pendataan Pemudik Yang Datang

 1,505 total views,  4 views today

Heru Santoso Kepala Desa Simo Kec. Balerejo Madiun
Heru Santoso Kepala Desa Simo Kec. Balerejo Madiun

Madiun,Indonesia Jaya – Dalam mendukung upaya Pemerintah dalam memutus mata rantai terhadap penyebaran pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19), Pemerintah Desa Simo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun melakukan pemantauan dan pendataan penduduk rentan sakit dan Penduduk yang baru datang dari Rantau baik dari luar Negeri maupun luar Kota Besar.

Kepala Desa Simo Heru Santoso saat di temui di kantornya Selasa (14/04/2020) mengatakan Untuk semua Pendatang atau Pemudik yang berasal dari luar Kota atau luar Negeri yang masuk ke Desa Simo di wajibkan untuk segera melaporkan Diri ke Posko Kendali yang ada di Kantor Desa guna untuk melakukan Pendataan.

Kepala Desa Simo saat menunjukkan bilik sterilisasi Antiseptik
Kepala Desa Simo saat menunjukkan bilik sterilisasi Antiseptik

“Yang selanjutnya akan dilakukan tindakan oleh Tim Relawan yang ada di Posko mulai dari Cek suhu Tubuh, Penyemprotan Antiseptik di Bilik Sterilisasi, dan penyemprotan Disenfektan apabila yang bersangkutan membawa kendaran roda empat mauapun dua.”jelasnya

Selain itu Tim Relawan juga mengabil langkah Preventif Dengan mendata semua potensi pemudik di setiap RT dan RW,dengan meminta kesanggupan dari Anggota Keluarga yang dituju oleh pemudik tersebut,untuk menyediakan ruang Isolasi Mandiri di rumah masing-masing selama 14 Hari.

Begitu juga sebaliknya untuk Pemudik yang masuk Desa Simo juga di wajibkan untuk mengisi surat pernyataan,yang menyatakan kesanggupannya untuk melaksakan Isolasi Mandiri. Tindakan tegas juga akan di lakukan oleh Tim Relawan yang akan berkoordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas apabila pemudik tersebut tidak mentaati Prosedur Isolasi Madiri yang di tentukan, dengan memasukan ke Ruang Isolali yang telah di sediakan oleh Pemerintah Desa.

Baca juga : Ketua DPD RI: Pilih Kawal Kebijakan Daerah, Ketimbang Debat Kritik Pemerintah

“Langkah-langkah ini Kami lakukan tentunya untuk menjaga keamanan serta meningkatkan kenyamanan Masyarakat Desa Simo di tengah Pademi virus corona ini agar tetap Kondusif, Masyarakat juga tidak boleh panik namun harus tetap waspada, dengan mematuhi semua Himbauan dari Pemerintah. semoga virus corona ini cepat berakhir agar kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasanya”pungkas Heru Santoso.

Sebelumnya Pemerintah Desa Simo juga sudah melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19 mulai dari Pembentukan Posko Kendali yang terdiri dari semua Perangkat Desa,Anggota BPD, Semua Ketua RT dan RW Se Desa Simo dan juga Menyiapkan Ruang Isolasi.

Berkoordinasi dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Tim Medis Dalam sosialisasi Himbauan secara langsung kepada masyarakat tentang informasi terkait dengan Covid-19 baik gejala, cara penularan maupun langkah pencegahan .

Mensosialisasikan perilaku hidup Bersih dan Sehat, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak(Sosial Distancing), serta penyemprotan Disinfektan ditempat tempat Umum Tempat Ibadah dan tiap-tiap rumah.(Adv/DYN)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ipin

SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK, ''Kalau Benar Kenapa Harus Takut, Kalau Bersih Kenapa Harus Risih"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!