Desa Kanung Realisasikan Pembangunan Drainase Lingkungan dari DD 2020

 1,113 total views,  4 views today

Jaman Kepala Desa Kanung Kec. Sawahan Madiun
Jaman Kepala Desa Kanung Kec. Sawahan Madiun

Madiun,Indonesia Jaya – Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta sebagai upaya pencegahan dalam mengatasi permasalahan- permasalahan lingkungan yang timbul di saat musim penghujan tiba. Pemerintah Desa Kanung, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun realisasikan pembangunan saluran drainase lingkungan dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020.

Pembangunan saluran drainase lingkungan tersebut terletak  di RT.08 RW.02 dengan volume panjang 303 M dan anggaran senilai Rp.125.000.000,-.

Kepala Desa Kanung Jahman, menilai keberadaan drainase lingkungan sangat penting. Selain dapat memperpanjang usia layanan jalan juga agar tidak ada genangan air yang diakibatkan saluran yang tidak berfungsi maksimal, baik itu yang genangan disaat musim penghujan maupun yang berasal dari air limbah rumah tangga.

“jika aliran air tidak lancar dan menjadi genangan. Waktu musim penghujan maupun dari air limbah rumah tangga maka akan berdampak negatif dilingkungan
masyarakat, dan dapat menimbulkan penyakit seperti gatal-gatal dan penyakit kulit lain, serta dapat memicu perkembangbiakan nyamuk Demam berdarah”. Jelasnya Selasa, (28/4/20).

“Selain itu diharapkan keberadaan drainase juga dapat memperpanjang usia kwalitas layanan jalan. Mengingat drainase merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ruas jalan” paparnya.

Kepala Desa Kanung saat menunjukan pembangunan drainase
Kepala Desa Kanung saat menunjukan pembangunan drainase

Terkait dengan pelaksanaan pekerjaannya drainase tersebut dikerjakan oleh tim pelaksana kegiatan (TPK) di Desa untuk memberdayakan masyarakat setempat. Dan pengerjaannya juga sesuai dengan perencanaan yang sudah tertuang dalam rencana anggaran biaya (RAB) yang ada.

“Dengan tujuan agar pemanfaatan anggaran di desa dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan juga sebagai bukti keterbukaan atau transparansi pengelolaan keuangan di desa” imbuh Kades Kanung.

Baca juga : Kabupaten Madiun Raih SAKIP dari Kementerian PAN RB

Pembangunan Drainase ini juga mendapat tanggapan positif dari warga masyarakat. Edi Ganden (40) mengatakan,” sangat bersyukur dengan pemerataaan pembangunan di desanya. “semoga pembangunan maupun program – program pemberdayaan di Desa Kanung dapat terealisasi dengan lancar untuk memenuhi sarana dan prasarana di Desa kami serta manfaatnya juga langsung dapat dirasakan oleh warga masyarakat” pungkasnya(Adv/DYN)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ipin

SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK, ''Kalau Benar Kenapa Harus Takut, Kalau Bersih Kenapa Harus Risih"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!