Perusahaan Wajib Bayarkan THR, Disnakertrans Jatim Buka Posko Pengaduan

 343 total views,  4 views today

Kapala Disnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo
Kapala Disnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo

Surabaya,Indonesia Jaya – Pemprov Jawa Timur membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagaamaan Idul Fitri 2020.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo menegaskan, posko pengaduan THR ini merupakan atas perintah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.
Posko pengaduan ini didirikan sebagai fasilitas layanan agar jika ada perusahaan yang mangkir dari kewajiban membayar THR karyawan bisa dikomunikasikan dan diselesaikan secara damai dan kekeluargaan.

“Kebijakan gubernur dalam rangka penanganan THR di Jatim, diharapkan semua perusahaan yang mempekerjakan pekerja harus membayarkan THR. Ini karena THR merupakan penghasilan yang wajib dibayarkan perusahaan sesuai dengan UU yang ada,” kata Himawan, Senin (11/5/20).
Maka dari itu, sesuai dengan SE Menteri Ketenagakerjaan, kewajiban membayarkan THR para buruh dan karyawan dapat dibayarkan maksimal H-7 hari raya keagamaan.

Sehingga dalam minggu-minggu ini para perusahaan sudah selayaknya mulai membayarkan THR pada karyawannya.
Lebih lanjut jika perusahaan mengalami kesulitan untuk membayarkan THR ke karyawan maka pada prinsipnya perusahaan harus membicarakan dengan para karyawan. Agar pola pembayaran THR ke pekerja juga jelas.

Baca juga : Federasi Serikat Buruh Independen (F-SBI) Bagikan 1000 Paket Sembako

“Jika sampai tujuh hari sebelum hari raya perusahaan belum bisa membayarkan THR ke karyawan maka secara prinsip harus dibicarakan dengan para pekerjanya. Agar ada pola yang disepakati. Jika bisa dijadwalkan ke pekerja pembayaran dilakukan dua atau tiga kali tahapan. Karena prinsipnya THR wajib dibayarkan,” tegasnya.
Terkait posko yang juga menjadi arahan dalam SE Menteri Ketenagakerjaan, Disnakertrans Jatim siap membentu posko di kantor Disnakertrans Jatim
.Dianjurkan juga didirikan di masing-masing UPT Disnakertrans di kabupaten Kota se Jatim.

Agar terkait permasalahan THR bisa diselesaikan dengan damai dan kekeluargaan.

“Kalau ada hal-hal yang terkait THR kami sudah siapkan posko pengaduan. Semua serikat pekerja, kalau ada hambatan semua UPT kita di jatim kami perintahkan untuk buka posko pengaduan,” tandasnya.(to2)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ipin

SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK, ''Kalau Benar Kenapa Harus Takut, Kalau Bersih Kenapa Harus Risih"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!