Cegah Penyebaran covid-19, Desa Ngengor Siapkan Ruang Isolasi Bagi Pemudik

 1,036 total views,  4 views today

Radjianto Kepala Desa Ngengor Kec. Pilangkenceng Madiun
Radjianto Kepala Desa Ngengor Kec. Pilangkenceng Madiun

Madiun,Indonesia Jaya – Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 serta untuk meningkatkan keamanan serta kenyamanan masyarakat menjelang mudik lebaran, Pemerintah Desa Ngengor, Kecamatan Pilangkengceng, Kabupaten Madiun melalui posko relawan terus meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pengawasan dan pendataan terhadap pemudik yang datang baik dari perantauan maupun dari luar daerah berstatus zona merah serta menyiapkan Ruang Isolasi Karantina.

Kepala Desa Ngengor Radjianto menghimbau kepada warga masyarakat yang berada di perantauan maupun dari daerah berstatus zona merah untuk sementara tidak mudik dulu sampai pandemi covid-19 ini berakhir dan situasi kondisi benar-benar membaik kembali. Rabu (13/5/20)

“Untuk menekan angka penyebaran pandemi global ini, penanggulangan
di pedesaan sangat penting salah satu upaya dengan menghimbau kepada warga masyarakat yang berada di perantauan untuk sementara tidak mudik dulu” jelasnya.

Kepala Desa Ngengor saat menunjukkan salah satu kamar diruangan isolasi karantina
Kepala Desa Ngengor saat menunjukkan salah satu kamar diruangan isolasi karantina

” Namun bagi pemudik yang sudah terlanjur pulang diharap untuk segera melapor ke petugas posko atau melalui Tim Relawan Desa untuk di data ” imbuhnya.

Di posko tersebut Tim Relawan juga akan melakukan tindakan mulai dari cek suhu tubuh, penyemprotan antiseptik di bilik sterilisasi, dan penyemprotan disinfektan apabila yang bersangkutan membawa kendaran roda empat mauapun dua. Selanjutnya pemudik juga diwajibkan untuk mengisi surat pernyataan kesanggupannya untuk melaksakan isolasi mandiri. Namun apabila pemudik tersebut tidak mentaati prosedur isolasi mandiri yang sudah ditentukan, Tim Relawan yang berkoordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, akan melakukan tindakan dengan memasukan ke ruang isolasi yang telah disediakan oleh Pemerintah Desa.

Baca juga : Bantuan Provinsi Jawa Barat Mulai Hari Ini Terealisasikan Di Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon

Ruang isolasi karantina merupakan bagian dari posko covid 19 yang dilengkapi dengan ketersediaan sarana toilet, tempat cuci tangan serta tempat tidur dan keperluan lainnya yang layak bagi pasien yang diisolasi.

” Pemerintah Desa melalui posko relawan menyiapkan ruang isolasi karantina untuk mewujudkan desa mandiri, tanggap dalam pencegahan dan penanganan covid-19. Dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat berperan aktif dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan tetap mentaati semua himbauan Protap dari pemerintah ” pungkasnya.(Adv/DYN)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ipin

SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK, ''Kalau Benar Kenapa Harus Takut, Kalau Bersih Kenapa Harus Risih"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!