Aksi Donor Darah Saat Pandemi, Sobat Bangilan Sumbang 34 Kantong

69 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

 

Logo Donor darah Sobat Bagilan
Logo Donor darah Sobat Bagilan

Tuban, Indonesia Jaya – Ketika Rumah Sakit sedang berjuang keras melawan Pandemi Covid-19, tentu tidak bisa dibantah juga adanya persoalan lain yang tidak kalah penting. Ribuan orang di seluruh negeri membutuhkan perawatan dengan kondisi lain seperti yang memerlukan transfusi darah. Ada ibu hamil yang mengalami komplikasi dalam kehamilannya, anak-anak dengan anemia, orang yang mengalami kecelakaan serius, hingga kasus DBD. Kasus-kasus sepert ini memerlukan donor darah untuk menyelamatkan nyawa.

Kebutuhan darah setiap harinya tidak bisa dibendung. Sementara stok darah kian menipis jumlahnya. Belum lagi, jumlah pendonor sukarela tidak sebanding dengan jumlah permintaan yang ada, karena para pendonor merasa takut keluar rumah jika tidak benar – benar mendesak. Akibatnya persediaan darah di PMI berkurang.

Foto bersama setelah selesai Donor Darah

Olehnya Sobat Bangilan pada. Minggu, (28/6/20) menggadakan bakti sosial donor darah. Menurut mbak Erna selalu koordinator kegiatan, dari pelaksanaan donor darah tersebut, terkumpul 34 kantong dari 48 yang mendaftar. “Pelaksanaannya sendiri, kita sesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Seperti wajib pakai masker, dilakukan secara bergantian untuk membatasi jumlah personel di ruangan, menjaga jarak saat mengantri, dan mengatur arus keluar masuk ruangan, sehingga tidak bersinggungan”, kata mbak Erna.

Maskin ketua Sobat Bangilan dalam kesempatan ini, juga turut ambil bagian mendonorkan darahnya. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan dalam rangka kemanusiaan, dan untuk membantu dalam memenuhi stok darah PMI kabupaten Tuban. “Inilah upaya kami untuk membantu pemenuhan stok darah PMI, yang berkurang. Semoga hasilnya dapat membantu masyarakat melalui PMI”, terangnya.

Baca : Penyaluran BPNT Desa Kedawung Kec. Kuripan. Kab. Probilinggo, menyalahi aturan

Sementara itu tim dari PMI Tuban menyampaikan, selama masa pandemi Covid-19 terjadi penurunan yang cukup drastis jumlah pendonor, sehingga mempengaruhi ketersediaan stok darah di PMI. “Kami mengucapkan terima kasih, karena kegiatan ini sangat membantu PMI dalam penambahan stok darah, yang sudah menipis akibat dampak pandemi Covid-19, Ujarnya. ( Snto)

Bagikan berita ini

Ucapan Redaksi

Ongkie Wibisono, Pimpinan Redaksi Media Indonesia Jaya
Ongkie Wibisono, Pimpinan Redaksi Media Indonesia Jaya

Recommended For You

About the Author: Ipin

SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK, ''Kalau Benar Kenapa Harus Takut, Kalau Bersih Kenapa Harus Risih"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *