Bencana Kekeringan Di Bondowoso Meluas

174 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Kukuh selaku kepala BPBD saat menjalurkan air bersih ke warga
Kukuh selaku kepala BPBD saat menjalurkan air bersih ke warga

Bondowoso,Indonesia Jaya – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso mencatat, Jumlah wilayah yang dilanda bencana kekeringan di Bondowoso Meluas pada musim kemarau tahun ini. Kepala BPBD Bondowoso, Ir. H. Kukuh Triyatmoko menyebutkan wilayah kekeringan tahun 2020 bertambah Lima Kecamatan dibandingkan tahun sebelumnya hanya di Empat Kecamatan.

Dari Lima Kecamatan yang terdampak tersebut ada 7 Desa Dan 1 Kelurahan yang sekarang ini sangat membutuhkan Air bersih. Diantaranya Dusun Kedawung. Kecamatan Botolinggo. Kemudian, Kelurahan Badean Kecamatan Bondowoso. Desa Purnama Kecamatan Tegal Ampel. Desa Patemon Kecamatan Tlogosari dan Desa atau Kecamatan Maesan. Sebenarnya, Kata Kukuh Sapaannya Titik yang diwaspadai dan sering terjadi kekeringan ada 16 Kecamatan dari 46 Desa di Kabupaten Bondowoso.

“Untuk menanggulangi kekeringan tersebut setiap hari BPBD Bondowoso mendroping 10 ribu liter dari dua tangki air bersih untuk di salurkan ke beberapa wilayah yang mengalami kekeringan, “BPBD droping air bersih sesuai dengan kebutuhan masyarakat, “kata Kukuh usai menghadiri Rapat Koordinasi di Wisma Wabup. Jl. A. Yani, Rabu (29/07/2020)

Musim kemarau, “tambahnya, berlangsung sejak Bulan April dan diperkirakan berakhir sampai Bulan Oktober 2020. Disamping kekeringan kemarau tahun ini. BPBD Bondowoso juga mewaspadai kebakaran hutan yang sewaktu-waktu bisa terjadi, “kita waspadai itu, karena tahun kemaren di Bondowoso banyak yang terbakar.

Baca juga : Halal Bi Halal Mempererat Tali Silaturrahim Antar Kader Pemuda Pancasila Kec. Mulyorejo

“Salah satu antisipasi BPBD Bondowoso dalam menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dengan menggunakan satelit yang dapat mengetahui titik-titik api, “Melalui informasi dari satelit, api sekecil apapun bisa terpantau. Pembakar sampah bisa terdeteksi, sehingga dengan cepat kita bisa melakukan pemadaman, “Imbuhnya ( Rudi )

Bagikan berita ini

Lowongan

Advertising

Iklan

Recommended For You

About the Author: Ipin

SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK, ''Kalau Benar Kenapa Harus Takut, Kalau Bersih Kenapa Harus Risih"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *