Oprasi Penegakan Hukum Dalam Rangka Implementasi Inpres No 06 Tahun 2020

 161 total views,  2 views today

 

Sejumlah Perangkat Desa,TNI - Polri serta Satpol PP Kec. Susukan Lebak
Caption Sejumlah Perangkat Desa,TNIPolri serta Satpol PP Kec. Susukan Lebak

Cirebon. Indonesia Jaya –
sejumlah Petugas Gabungan TNI, POLRI dan Sat Pol PP Kecamatan Susukan lebak menggelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan secara Stasioner di depan balai Desa Kaligawe, Kec. Susukan Lebak Kab. Cirebon, selasa (3/11/20). Operasi Yustisi gabungan ini dilaksanakan dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon. Adapun bagi para pejalan dan berkendara diberhentikan lalu di berikan sanksi sosial yang diberlakukan pada saat operasi yustisi tersebut.

Seperti di ketahui dalam Inpres nomor 06 2020, Presiden Joko Widodo baru saja meneken instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Di dalam Inpres tersebut, Jokowi memerintahkan kepada seluruh kepala daerah untuk menyusun dan menetapkan aturan pencegahan Covid-19.

Pelaksanaan Operasi yustisi di depan Desa Kaligawe
Pelaksanaan Operasi yustisi di depan Desa Kaligawe

Aturan itu meliputi kewajiban mematuhi protokol kesehatan, baik bagi individu maupun perlindungan kesehatan bagi masyarakat. “Kewajiban mematuhi porotokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 sebagaimana dimaksud pada angka 1), dikenakan kepada perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.

Menurut keterangan dari PJS Kuwu Desa Kaligawe mengemukakan pada media di sela sela kesibukannya,”Untuk operasi penegakan disiplin ini berdasarkan Inpres nomor 6 tahun 2020 memberikan informasi kepada masyarakat menggunakan masker atau ada istilah sekarang 3 m yang pakai masker harus cuci tangan dan jaga jarak (berkerumun), jadi untuk menghindari penyebaran covid-19 atau virus Corona agar masyarakat kita khususnya Desa Kaligawe dan sekitarnya agar disiplin dalam memakai masker setiap hari, seperti keluar rumah atau mau keluar rumah harus memakai masker supaya tidak terkontaminasi dengan adanya virus Corona yang kuat kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini kita menggandeng beberapa elmen seperti diantaranya dari TNI dari pihak Kecamatan dan juga dari dinas kesehatan atau UPTD Puskesmas Kecamatan Susukan Lebak dan juga beberapa dari aparatur Pemerintah Desa Kaligawe sendiri, dan alkhamdulillah hasil dari oprasi ini kita menjaring 10 pelanggar dan kita kasih sangsi menyanyikan lagu kebangsaan seperti Indonesia raya ada juga yang kita kasih sangsi mengucapkan pancasila sampai selesai.” pungkasnya
(Anis)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *