Selangkah Lagi, Koto Sentajo Masuk Desa Wisata Nasional

 139 total views,  2 views today

Poto Kadis Pariwisata dan kebudayaan Kuansing Riau
Poto Kadis Pariwisata dan kebudayaan Kuansing Riau

Riau,Indonesia Jaya – Koto Sentajo, Kuantan Singingi, Riau salah satu desa yang lolos seleksi masuk enam besar Desa Wisata Nasional 2020. Setakat ini sudah dalam 20 terbaik se Indonesia.

Oleh karena itu, dukungan semua pihak sangat diharapkan, sehingga proses seleksi tahap akhir berjalan lancar, Koto Sentajo menjadi salah satu terbaik di Indonesia masuk 6 besar.

“Desa Koto Sentajo kebanggaan semua pihak, memiliki kearifan lokal yang dilestarikan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Dr Indra Swandi melalui Nasjuneri Putra di Teluk Kuantan, Selasa.

Bisa terpilih menjadi Desa Wisata Nasional se Indonesia sudah luar biasa. Hal ini akan mendongkrak tingginya wisatawan nasional berkunjung ke Kuansing, dan bahkan dapat membantu perekonomian warga.

Enam besar Se Indonesia justru lebih menjadi berbangga lagi, ini menjadi harapan masyarakat, Pemerintah Kuansing. Untuk mencapai itu doa dan dukungan semua pihak sangat dibutuhkan.

Baca juga : FGD di IAIN Gorontalo: DPD RI Berhasil Keluarkan 7 UU dari Omnibus Law

Upayanya adalah, tetap menjaga kelestarian kearifan lokal, tingkatkan fasilitas pendukung, menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat dan selalu menginformasikan objek wisata andalan.

“Program desa wisata nasional dilaksanakan oleh pihak Kementrian Pariwisata Indonesia. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kerja sama dengan Universitas Riau (UNRI),” ujarnya.

Di Riau ada dua kabupaten yang masuk katagori yakni Kampar dan Kuansing. Desa Koto Sentajo Kuantan Singingi memiliki banyak kelebihan misalnya ada rumah adat, kearifan lokal.

” Penilaian berkaitan dengan kelembagaan, pengelola potensi budaya, unsur pendukung yakni kuliner, akomodasi, pemandu wisata,” ujarnya.

Sejumlah potensi itu, jarang ada ditempat lain, justru kelebihan dan keunikan di Koto Sentajo asli dan terus lestari. (Red)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ipin

SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK, ''Kalau Benar Kenapa Harus Takut, Kalau Bersih Kenapa Harus Risih"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!