Melaspas Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Tabanan

 111 total views,  4 views today

 

Saat melakukan upacara
Saat melakukan upacara ritual Melaspas

Tabanan, Indonesia Jaya – Setelah rampung membangun sebuah bangunan, umat Hindu wajib melaksanakan ritual Melaspas, jika belum, maka bangunan baru tersebut dianggap belum layak untuk ditempati. Untuk itu pada hari Senin,(30/11/2020) RSU Bhakti Rahayu Tabanan menggelar acara peresmian secara ritual (Niskala) atau yang sering di sebut Melaspas Upacara ini ditujukan kepada beberapa bangunan di RSU Bhakti Rahayu.

Pelaksanaan upacara ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh pegawai RSU Bhakti Rahayu dan juga dihadiri oleh Bapak Putu Ivan Yunatana,SE, Rektor, dan beberapa pejabat di lingkungan RSU Bhakti Rahayu Tabanan.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam upacara melaspas. Seperti ngayaban caru atau mengantarkan sesajen. Hingga ritual ngayaban pamlaspas yang bertujuan mendoakan agar bangunan bisa memberi manfaat positif bagi yang menggunakan atau menempatinya.

Saat diwawancara oleh awak media Dr. I Gde Yudha Kurniawan mengatakan ” tujuan upacara Melaspas adalah untuk membersihkan dan menyucikan benda atau bangunan baru secara Niskala sebelum digunakan atau ditempati. Upacara Melaspas juga dilakukan dengan tujuan agar terciptanya ketenangan dan kedamaian bagi penghuni atau pengguna RSU Bhakti Rahayu tersebut serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,”Pungkasnya.(Red)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!