Puting Beliung Landa Perkampungan Warga Desa Sarajaya blok Pajaten Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon

 199 total views,  2 views today

Salah satu rumah yang terdampak angin puting angin puting beliung
Salah satu rumah yang terdampak angin puting angin puting beliung

Cirebon,Indonesia Jaya – Bencana alam identik dengan sebuah musibah yang disebabkan oleh alam, dan sudah tentu memberikan dampak kerugian baik secara materi maupun korban jiwa. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, beberapa bencana alam sudah dapat diprediksi sehingga ada persiapan yang harus dilakukan untuk mengurangi kerugian yang ditimbulkan.Angin puting beliung adalah sebuah angin kencang yang memiliki gerakan memutar, berasal dari awan cumula nimbus dengan kecepatan lebih dari 64,4 km per jam atau 34,8 knot serta terjadi dalam waktu singkat sekitar 5 menit dengan luas wilayah daratan tidak lebih dari 2 km persegi. Dengan kecepatan serta jangkauan yang dimilikinya, tidak heran jika angin puting beliung dapat menyebabkan kerusakan dan kehancuran pada wilayah yang dilewatinya. Angin puting beliung biasa terjadi pada siang hari atau sore hari terutama ketika musim pancaroba.

Terkait angin puting beliung kali ini melanda sebuah Desa yang masih berada di wilayah Kabupaten Cirebon tepatnya Desa Sarajaya Kec. Lemah Abang Kab. Cirebon Jawa Barat.

Kondisi rumah warga pasca diterjang puting beliung
Kondisi rumah warga pasca diterjang puting beliung

Hujan disertai angin puting beliung menerjang Desa Sarajaya Kec.Lemah Abang Kab.Cirebon. Puluhan rumah di sana rusak akibat cuaca tak bersahabat tersebut,Jum’at sore (4/12/2020).Sejumlah rumah warga yang rusak parah ada di wilayah blok pajaten Desa Sarajaya. Bencana puting beliung yang di sertai hujan lebat tersebut.

Menurut keteranganKepala Desa Sarajaya Rudiyana menerangkan pada media,”Saya sangat prihatin dalam kejadian ini. Kejadian ini kemarin kurang lebih pukul jam 15 lebih 30 ada dua tempat di dusun tiga dan empat itu yang terparah di semua RT mulai dari rt. 25 sampai RT 33 kurang lebih ada 50 rumah ada yang sebagian parah, kurang lebih 2 sedang 7 kurang lebih ada lima puluh rumah yang terpapar angin puting beliung tersebut.dan yang terparah di tempat dari rt. 25 sampai RT 33 kalau untuk misalkan bantuan-bantuan dari ini Alhamdulillah ada bantuan dari BPBD macam logistik,dan apa yang terjadi di masyarakat desa ini adalah bencana alam yang sewaktu waktu bisa terjadi lagi.di singgung untuk kerugian yang di timbulkan oleh bencana alam tersebut Rudiyana menambahkan,” kerugian diperkirakan kurang lebih 100 jutaan atau lebih dua jutaan untuk perumah.Dan alkhamdulillah peristiwa ini tidak ada korban jiwa satupun.pungkasnya. (Anis)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: Ipin

SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK, ''Kalau Benar Kenapa Harus Takut, Kalau Bersih Kenapa Harus Risih"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!