Gunung Semeru Siaga Dua 11 Kali Menyemburkan Abu volkanic

 157 total views,  2 views today

 

Gunung Semeru Mengeluarkan Lava
Gunung Semeru Mengeluarkan Lava

Lumajang, Indonesia Jaya – Aktivitas Gunung Semeru kembali semburkan awan panas guguran. Semburan awan panas tersebut meluncur hingga 2,5 kilometer ke arah Tenggara.

Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo menginformasikan bahwa Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran sebanyak satu kali. Dengan guguran 11 kali dan tremor harmonik sebanyak 2 kali. Hal tersebut berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Semeru pada periode 4 Desember 2020 dengan rentang waktu dari pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB.

“Dari data Pos PGA Semeru terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur 2.500 meter ke arah tenggara. Status Gunung Semeru masih waspada, level II, jumaat (04-Desember-2020).

Walaupun luncuran awan panas tersebut masih jauh dari permukiman warga, Wawan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan sejumlah aktivitas dalam radius satu kilometer dari puncak Semeru. Hal itu karena secara visual Gunung Semeru masih tertutup dengan kabut, dan status Gunung Api tersebut masih berada pada level II atau waspada.

“Jadi BPBD mengimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Semeru tetap tenang dan menjaga kewaspadaan serta tidak melakukan aktivitas sejauh 4 kilometer pada sektor lereng selatan-tenggara,” pungkasnya.

Satu Orang Tewas, dan satu warga kabupaten probolinggo oprator exapator hilang ,11 Ternak Mati Karena Semburan Awan Panas Semeru
Saat Semeru semburkan awan panas, Desa Supiturang menjadi desa paling yang parah terdampak. Itu karena desa tersebut merupakan wilayah terdekat dengan Gunung Semeru.

Salah satu warga Poniman mengatakan, akibat awan panas Semeru, belasan ekor hewan ternak seperti sapi dan kambing ditemukan mati. Belasan ekor sapi dan kambing yang mati terkapar tersebut merupakan ternak milik warga sekitar Desa Supiturang, Pronojiwo, dan Lumajang Jawa Timur.

Selain itu, lahar panas Semeru juga mengakibatkan satu orang operator bego asal daerah kabupaten probolinggo tewas, di daerah Besuk Kobokan. Saat Gunung Semeru memuntahkan lahar panas, seorang operator bego itu pun meninggal saat sedang menambang pasir.

“Kakak Saya kan jaga malam. Saat kejadian, Dia sudah berniat menyelamatkan diri, tapi tertimbun lahar panas,” ungkapnya. salah satu waker alat berat.{Red}

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *