Sumadi Tutup Usia Jabatan Terakhir Kadishub Kota Probolinggo

 42 total views,  2 views today

 

Almarhum Kadishub Kota Probolinggo Sumadi
Almarhum Kadishub Kota Probolinggo Sumadi

Probolinggo, Indonesia Jaya – Pemerintah Kota Probolinggo kembali berduka. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumadi dinyatakan meninggal dunia, Senin (28/12) petang setelah menjalani perawatan karena terkonfirmasi positif COVID 19.

Menurut Plt. Kepala Dinkes P2KB dr NH Hidayati, Sumadi sempat mengeluh batuk dan pilek pada Minggu (13/12) saat menghadiri kegiatan rapat. Pada 15 Desember, Sumadi menjalani tes swab di RSUD dr Mohamad Saleh. Sore harinya, hasil pemeriksaan Sumadi dinyatakan positif COVID 19.

“Teman-teman dari puskesmas langsung ke rumah beliau untuk memberikan obat antivirus, vitamin dan obat sesuai keluhannya. Ternyata pada malam harinya, Pak Sumadi sudah ada di RSUD dr Mohamad Saleh,” cerita dr Ida-panggilan akrabnya.

Kemudian keesokan harinya, dr Ida kembali menghubungi Sumadi dan mengaku kondisinya membaik. Namun beberapa hari kemudian karena kondisinya yang memerlukan perawatan lebih lanjut, Sumadi dibawa ke RSSA Malang.

Diketahui, Sumadi mempunyai komorbid diabetes mellitus (DM), hipertensi dan penyakit jantung coroner. Ia juga sempat panik setelah dinyatakan positif COVID 19 karena punya penyakit penyerta. Klaster dari mana Sumadi terpapar, dr Ida mengaku tidak mengetahuinya karena sulit terdeteksi.

“Pertamanya kondisinya bagus, sempat drop, bagus lagi. Kondisinya naik turun. Semalam (27/12) dikabari kondisi beliau sedang tidak baik,” jelas dr ida, saat dihubungi melalui ponselnya.

dr Ida juga menjelaskan tentang tingginya angka kematian pasien COVID 19 di Kota Probolinggo yang mencapai 100 orang (hingga tanggal 28 Desember). Analisa banyaknya pasien COVID 19 meninggal yaitu karena punya komorbid, pasien datang dalam kondisi saturasi oksigen rendah dan kekuatan respon tubuh terhadap pengobatan dan infeksi COVID 19.

Plt. Kepala Dinkes P2KB ini juga yang terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kondisi dan wajib 4M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan). “Sebentar lagi libur Tahun Baru, sudah ya tidak perlu kemana-mana. Di rumah saja,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Aman Suryaman menambahkan bahwa jenazah Sumadi akan diberangkat dari RSSA Malang dan tiba sekitar pukul 20.30 (Senin malam). “Akan ada penghormatan terakhir di halaman kantor wali kota sesuai petunjuk dari Bapak Wali Kota,” katanya. (SB)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *