NaNyalla Usul Swab Antigen untuk Pelajar di Sekolah dan Kampus Digratiskan

 53 total views,  2 views today

 

NaNyalla
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengusulkan agar swab bagi pelajar disubsidi atau digratiskan

JAKARTA, Indonesia Jaya – Menanggapi keberatan orangtua atas kewajiban melakukan Swab Antigen bagi pelajar setiap hendak melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengusulkan agar hal itu disubsidi alias digratiskan oleh pemerintah.

Tak hanya kepada pelajar, kewajiban Swab Antigen juga berlaku untuk kalangan mahasiswa yang akan beraktivitas di kampus. Bagi LaNyalla, hal yang wajar apabila orangtua siswa dan mahasiswa merasa keberatan.

“Kebijakan kewajiban Swab Antigen tentu harus dipikirkan baik-baik. Tidak semua orangtua siswa dan mahasiswa memiliki kecukupan dana jika setiap kali harus beraktivitas harus menyertakan Swab Antigen,” kata LaNyalla dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Jika kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mencegah cluster penularan Covid-19 di sekolah dan kampus, LaNyalla pun sangat menyetujuinya. Hanya saja, ia menilai pembiayaan bisa disubsidi sepenuhnya oleh pemerintah.

“Ada baiknya pemerintah melalui koordinasi Kemenkes dan Kemendikbud memberikan subsidi Swab Test atau menggratiskannya untuk pelajar dan mahasiswa yang akan beraktivitas,” tegas LaNyalla.

Bukan tanpa alasan usulan tersebut diajukan. Selain meringankan beban masyarakat di masa pandemi, juga agar proses belajar mengajar di sekolah dan kampus tak menemui hambatan. Di sisi lain, mereka juga merasa aman dari paparan Covid-19.

“Bagaimana jika orangtua siswa atau mahasiswa tak punya uang untuk Swab Test. Artinya dia terhambat melakukan aktivitas belajar mengajar. Usulan subsidi atau gratis ini saya realistis mengingat pelajar atau mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan tentunya tak sebanyak mereka yang belajar di rumah. Jadi tidak akan memberatkan keuangan pemerintah,” tutur LaNyalla.(E.tronjol)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *