Kegiatan Rutin Desa Curug Wetan Kecamatan Susukan Lebak Bersama PMI

 83 total views,  2 views today

 

Kepala Desa Curug Wetan Jaenudin.SH bersama petugas PMI Kabupaten Cirebon
Kepala Desa Curug Wetan,Jaenudin SH bersama petugas PMI Kabupaten Cirebon

Cirebon, Indonesia Jaya – Kegiatan donor darah adalah kegiatan sosial kemanusiaan yang sangat mulia. setetes darah dapat menjadi sangat berarti bagi hidup seseorang. donor darah juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Menurut PMI, setidaknya ada 5 (lima) manfaat donor darah bagi pendonor, yaitu (1) menjaga kesehatan jantung; (2) meningkatkan produksi sel darah merah; (3) membantu penurunan berat sel tubuh; (4) mendapatkan kesehatan psikologis; (5) mendeteksi penyakit secara dini.

Begitu juga halnya yang sedang di laksanakan pemerintah Desa Curug Wetan Kec.Susukan Lebak,bekerja sama dengan PMI Kabupaten Cirebon,kegiatan donor darah dilakukan di Pendopo Balai Desa Curug Wetan mulai pukul 9.00 WIB oleh PMI Kabupaten Cirebon. Kagiatan donor darah di Desa Curug Wetan,Selasa(26/01/21)memang telah menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap empat kali dalam satu tahun.

Sebelum kegiatan donor darah dilakukan petugas PMI menjelaskan bahwa saat mendonorkan darah kondisi badan harus dalam kondisi fit dengan berat badan minimal 45 kg dan usia sekitar 17 hingga 60 tahun. Sebelum seseorang melakukan donor, petugas dari PMI akan mengecek terlebih dahulu apakah pendonor kondisinya fit, sehingga layak untuk mendonorkan darahnya atau tidak.

Menurut keterangan Kepala Desa Curug Wetan Jaenudin.SH.mengatakan pada media,”Di bulan ini Alhamdulillah pada bulan ini,kami selaku pemerintah desa Curug Wetan sering mengadakan donor darah yang ke-16 kita rutin kurang lebih setiap tahunnya empat kali,dan sudah berjalan sampai hari ini bisa dikatakan itu terus menerus jadi agenda rutin sampai masa pandemi selesai.Dikarenakan musim pandemi, melihat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya memang ada sedikit perbedaan yang donor, Biasanya kita dapat 40-an sekarang setengahnya kurang lebih. Jadi sebulan Sebelumnya kami selalu sosialisasi kepada warga masyarakat melalui kadus dan rt/rw.

Salah Satu Perangkat Desa Curug Wetan Yang Sedang Mendonorkan Darahnya Ke PMI Kabupaten Cirebon
Salah Satu Perangkat Desa Curug Wetan Yang Sedang Mendonorkan Darahnya Ke PMI Kabupaten Cirebon

Di tempat terpisah keterangan dari tim PMI Kabupaten Cirebon Aswar menegaskan,”untuk di bulan ini para pendonor agak menurun di karenakan mungkin terkait pandemi,biasanya kita masih dapat empat puluh atau lebih sekarang paling setengahnya,kan berpengaruh sama para pendonor mungkin pada takut,tapi kita tetap berupaya meyakinkan ke masyarakat agar selalu meyakinkan supaya mereka mau mendonorkan darahnya ke PMI,setetes darah mereka bisa menyelamatkan jutaan nyawa.Pungkasnya {Anis}

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!