Vaksin Covid -19 Sinovac Tiba di Manggarai, Kali Ini Tahapan dan Sasaran Penerima

 159 total views,  2 views today

 

Penyerahan Simbolik Vaksin Covid-19 Sinovac Kepada Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Deno Kamelus
Penyerahan Simbolik Vaksin Covid-19 Sinovac Kepada Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Deno Kamelus

Ruteng, Indonesia Jaya – Sebanyak 4.600 vial Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu 31 Januari 2021 sore.

Vaksin tersebut langsung diantar ke Gedung Instalasi Farmasi Kelurahan Bangka Tuke, Kecamatan Langke Rembong, Ruteng.

Sebelum tiba di Manggarai vaksin tersebut dibawa dari Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat dengan pengawalan ketat aparat gabungan. Vaksin kemudian dijemput oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Deno Kamelus, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Manggarai, Nobertus Burhanus, TNI-Polri, Jubir Satgas dan petugas lainnya.

Vaksin tersebut langsung diterima secara simbolik oleh Deno Kamelus dan disaksikan langsung oleh petugas-petugas yang hadir.

Acara serah terima dan berita acara penyerahan Vaksin Covid-19 Sinovac dari Dinas Kesehatan Propinsi NTT melalui Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Ruteng untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Deno Kamelus.

Dalam sambutannya Plt Kepala Dinkes Kabupaten Manggarai, Nobertus Burhanus mengatakan bahwa untuk meningkatkan kepercayaan publik pelaksanaan vaksinasi akan didahului oleh 10 orang pimpinan OPD dan Tokoh Daerah sebagai tanggung jawab utama terhadap proses vaksinasi.

Selain itu, kata Boni, sasaran penerima vaksinasi yang berikut akan diberikan untuk kelompok rentan berusia 18 hingga 59 tahun termasuk Tenaga Kesehatan dan masyarakat umum.

Menurutnya, tahapan pertama proses vaksinasi itu dijadwalkan akan bergulir bulan Februari dan diberikan untuk seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Manggarai sebagai prioritas utama, baik yang bekerja di RSUD maupun Puskesmas.

“Sasaran dan target vaksinasi menurut Kementerian Kesehatan RI adalah Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). Kebutuhan dosis vaksin untuk SDMK di Manggarai sebanyak 4.320 vial dan yang sudah diterima hari ini sebanyak 4.600 vial untuk 2.160 orang yang terdata” tutur Boni.

Boni menambahkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan tenaga vaksinator sebanyak 143 orang yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan untuk melakukan proses vaksinasi.

Sementara itu Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Deno Kamelus dalam sambutannya mengatakan bahwa vaksinasi merupakan satu dari sejumlah upaya yang disiapkan oleh negara dalam rangka mengatasi Covid-19. Oleh karena itu kendatipun sudah divaksin masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kalau sudah divaksin bukan berarti kita aman seratus persen. Tetap patuhi protokol kesehatan demi menjaga diri sendiri, keluarga dan orang sekitar” tutur Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang juga menjabat Bupati Manggarai itu.

Ia pun mengapresiasi kinerja semua tenaga kesehatan yang telah bekerja luar biasa demi memutus penyebaran Covid-19.

“Sangat pas kalau tenaga kesehatan menjadi prioritas utama pemberian vaksin karena mereka merupakan orang yang paling beresiko ketika menangani pasien Covid-19. Oleh karena itu Saya minta semua tenaga kesehatan harus didata dengan teliti agar tidak ada yang terlewatkan dalam proses vaksinasi” tuturnya.

Apresiasi yang sama juga diberikan Ketua Satgas kepada TNI Polri, Wartawan, Perangkat Daerah, ASN, Camat, Lurah, Kepala Desa, RT/RW yang telah bahu membahu bekerja sekuat tenaga mengatasi pandemi ini. (Berto Davids)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *