Jurnalis Mencari Keadilan Hukum “Polisi Jangan Kalah Dengan Akun Facebook

 225 total views,  2 views today

 

Jurnalis Tv One, Yohanes Mariano Kenaru saat memberikan keterangan pers di Mapolres Manggarai
Jurnalis Tv One, Yohanes Mariano Kenaru saat memberikan keterangan pers di Mapolres Manggarai

Ruteng, Indonesia Jaya – Komentar bernada hinaan dan pencemaran nama baik di beranda media sosial membuat para Jurnalis di Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berang. Puluhan Jurnalis melapor pemilik akun facebok Belasius Beben Tobat (BBT) ke Mapolres Manggarai pada Jumat 5 Januari 2021 karena dianggap menyebarkan postingan hoax dan menyerang profesi salah seorang Jurnalis Tv One di media sosial.

Jurnalis dari berbagai media yang biasa memburu berita lokal maupun nasional datang mendampingi Jurnalis Tv One itu ke Mapolres. Advokat LBH Manggarai Raya, Yeremias Odin pun turut mendampingi Jurnalis Tv One yang merupakan Kliennya itu.

Tak hanya akun facebook BBT tujuh akun lainnya juga ikut dilapor oleh para Jurnalis, yakni Sipry Jemarus yang selanjutnya disebut teradu 2; Saung Daeng yang selanjutnya disebut teradu 3; Kristian Seda Naba yang selanjutnya disebut teradu 4; Yoseph Afra yang selanjutnya disebut teradu 5; Sevrin Brudock Cadas yang selanjutnya disebut teradu 6; Frans yang selanjutnya disebut teradu 7 dan Putera Mahima yang selanjutnya disebut teradu 8.

“Kami datang mencari keadilan hukum. Nama baik Saya sudah dicemarkan oleh akun facebook palsu bernama Belasius Beben Tobat (BBT) secara terbuka di media sosial, ditambah komentar negatif dari 7 akun lainnya. Polisi tidak boleh kalah dengan akun facebook. Tangkap pemiliknya dan segera diproses hukum” tegas Yohanes Mariano Kenaru, Jurnalis Tv One itu.

Menurut Kenaru, postingan akun facebook BBT dan komentar negatif tujuh akun lainnya itu membuat keluarga dan rekan sesama profesinya terpukul, bahkan keberadaan pers di Manggarai ikut terancam hilang karena postingan dan komentar akun-akun tersebut.

“Saya menilai ini bagian dari pembungkaman terhadap kebebasan pers di Manggarai. Oleh karena itu Saya mendesak Kepolisian agar segera menangkap pemilik akunnya. Tidak mungkin Institusi Polri bisa dikalahkan oleh akun facebook” tutur Kenaru.

Sementara itu Advokat LBH Manggarai Raya, Yermias Odin mengatakan bahwa pihaknya telah melayangkan pengaduan ke Polres Manggarai terhadap postingan akun facebook BBT dan komentar negatif tujuh akun lainnya.

Menurut Odin, postingan dan komentar negatif dari delapan akun tersebut telah mencemarkan nama baik dan menyebarkan berita bohong terhadap Jurnalis Tv One, Yohanes Mariano Kenaru.

Postingan dan komentar negatif itu, lanjut Odin, termuat dalam bukti screenshot yang diserahkan ke Polisi sebagai bahan aduan.

Odin menambahkan bahwa Kliennya Yohanes Mariano Kenaru tidak pernah membuat berita di media massa terkait yang dituduhkan oleh para akun facebook itu melalui postingan dan komentar.

Ia pun menilai postingan akun facebook BBT itu dianggap dilakukan secara sadar dan sengaja dan tanpa hak agar dapat diakses, dilihat dan dibaca oleh banyak orang.

Dengan demikian, kata Dia, akun Belasius Beben Tobat (BBT) dituding melanggar Pasal 27 ayat (3) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 45 ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 KUHP dan 2) Pasal 28 ayat (1) UU nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Eletronik jo pasal 45 ayat (1) UU nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 KUHP; dan 3) Pasal 14 Undang-Undang No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana jo Pasal 55 KUHP; dan 4) Pasal 15 Undang-undang No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana jo Pasal 55 KUHP.

Sementara itu Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo melalui Paur Subag Humas Polres Manggarai, Ipda I Made Mudiarsa menegaskan pihaknya akan menindaklanjuti kasus tersebut sesuai mekanisme hukum yang berlaku.

Ia juga berjanji akan meneruskan pengaduan tersebut ke Kapolres Manggarai untuk dilakukan disposisi. Setelah disposisi pihaknya akan memproses kasus tersebut melalui Satreskrim untuk dilakukan penyidikan dan penyelidikan. (Berto Davids)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!