47 Bakal Calon Kepala Desa Gigit Jari

 36 total views,  2 views today

 

Bakal calon pilkades periode pertama 62 desa di kabupaten probolinggo
Bakal calon pilkades periode pertama 62 desa di kabupaten probolinggo

Probolinggo, Indonesia Jaya – Sebanyak 47 bakal calon kepala desa (Bacakades) yang hendak ikut serta dalam kontestasi Pilkades serentak tahap I 2021 Mei mendatang harus gigit jari. Lantaran mereka tidak berhasil lolos tahapan verifikasi dan skoring yang kini ketat diberlakukan. 19/03/2021

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Oon Hartono mengungkapkan berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh 62 panitia kepala desa terhadap sebanyak 262 Bacakades yang mendaftar. Ditetapkan sebanyak 215 Bacakades yang lolos ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa (Cakades). “Rinciannya sebanyak 196 laki-laki dan 19 perempuan,” ungkapnya, Kamis (18/3) kemarin.

Dijelaskannya, dari jumlah pendaftar yang mencapai 262 Bacakades pada tahap awal. Ternyata setelah melalui tahapan verifikasi berkas atau dokumen pendaftaran hingga ujian tes tulis dan skoring yang dilakukan oleh pihak panitia Pilkades. Diputuskan sebanyak 47 Bacakades yang tidak lolos.
“Mereka yang tidak lolos dikarenakan banyak hal, mulai dari hasil verifikasi faktual oleh panitia terhadap kelengkapan dan kecukupan dokumen yang mereka pakai untuk mendaftar. Hingga dari tahapan tambahan seperti skoring dan tes tulis,” jelasnya.

Disebutnya juga bahwa terdapat 18 desa dengan jumlah peserta Pilkades mencapai 5 Cakades, 12 desa dengan jumlah peserta 4 Cakades, 17 desa dengan 3 peserta Cakades, dan 15 desa dengan 2 peserta Cakades. “Dari jumlah itu ada sebanyak 59 mantan kepala desa yang maju kembali dalam Pilkades serentak ini,” pungkasnya.(S.rul)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *