Tempat Pengolahan Zat Kimia (asam sulfat) Yang Dekat Dengan Polsek

 52 total views,  4 views today

PT.PUTRA MUKO MANDIRI saat melayani pemesanan
PT.PUTRA MUKO MANDIRI saat melayani pemesanan

Sidoarjo, Indonesia Jaya – Diduga karena lemahnya pengawasan dan penegakan aparat penegak hukum, tempat pengolahan dan penampungan zat kimia (asam sulfat) yang termasuk kategori zat berbahaya dan wajib dikelola dengan benar serta di manfaatkan oleh seseorang atau perusahaan yang mempunyai kemampuan khusus, walau lokasinya dekat dengan Polsek setempat namun bisa nyaman dan tenang dalam beraktivitas meskipun terlihat dan nampak sefty dan keamanan bagi pekerja kurang maximal.

Temuan ini berasal dari informasi masyarakat yang selalu bertanya-tanya dengan keberadaan sebuah gudang kecil yang ada ditengah persawahan. Senin 15/3/21 Tim awak media Indonesia jaya mendatangi gudang tersebut guna memastikan tempat apa itu.

Saat kita konfirmasi ke pekerja,siapa yang bertanggung jawab dalam usaha ini?salah satu pekerja mengatakan bahwa yang bertanggung jawab yakni PT.PUTRA MUKO MANDIRI yang berkantor di kota Mojokerto.Selain masih minimnya tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pekerja,dugaan penyelewengan yang dilakukan PT.PUTRA MUKO MANDIRI yakni diduga melakukan pelanggaran rute kiriman, seperti data yang kita dapatkan dari surat jalan pengiriman bahwa zat cair dari PT.GCS (Gresik cipta sejahtera) itu harus di bongkar ke wilayah Pasuruan,akan tetapi kok dibongkar di wilayah Sidoarjo,ada apa dengan semua ini?

Surat jalan pengiriman dari PT.GCS
Surat jalan pengiriman dari PT.GCS

Sejauh ini zat asam sulfat termasuk zat cair yang berbahaya Karena sifatnya yang korosif, banyak yang mempertanyakan keamanan bahan ini bagi manusia,Paparan yang parah bisa mengancam nyawa korbannya.Tingkat keparahan sendiri umumnya tergantung pada dosis paparan, durasi terpapar, dan bagaimana ia terpapar.
Semua jaringan tubuh kemungkinan besar akan mengalami kerusakan jika bersentuhan langsung dengan H2SO4 ini.

Bagi jaringan dalam tubuh cairan pekat dari asam ini bisa menyebabkan deridrasi parah jika terminum,Jika konsentrasinya lebih encer, maka ia akan mengiritasi jaringan karena sifat asam yang dimilikinya. Hati-hati juga bila Anda tak sengaja menghirup bahan ini. Pasalnya, uap pekat yang terhirup bisa menyebabkan kerusakan paru-paru serius dan mengiritasi saluran pernapasan bagian atas,Bagi jaringan kulit.

Kontak kulit dengan H2SO4 pekat bisa menyebabkan kematian pada sel-sel kulit (nekrosis). Jika kontak terjadi dengan larutan yang encer dan sering, kemungkinan besar akan menyebabkan kulit mengalami dermatitis Bagi jaringan mata.

Mata yang terpapar asam ini dalam bentuk pekat akan mengalami kerusakan parah. Tak tanggung-tanggung, mata kemungkinan bisa menderita glaukoma atau katarak. Bahkan semprotan halus bahan ini bisa membuat mata terasa terbakar dan perih. Untungnya, untuk yang terakhir akan hilang dalam waktu yang tak terlalu lama. Zat cair ini juga bisa menyebabkan kanker sejauh ini, asam sulfat atau larutannya tidak digolongkan sebagai bahan karsinogenik atau bisa menyebabkan kanker. Hanya saja, pekerja yang terpapar bahan ini selama bertahun-tahun telah menunjukkan kenaikan risiko terkena kanker laring dan kanker paru-paru.

Tempat penampungan asam sulfat, sebelum diedarkan
Tempat penampungan asam sulfat, sebelum diedarkan

Anak-anak yang menghirup, menelan, atau menyentuh asam ini bisa merasakan efek yang sama dengan orang dewasa yang melakukan hal serupa.Oleh karena itu, jauhkan produk yang mengandung bahan ini dari jangkauan anak-anak. Jika rumah Anda memilikinya, pastikan juga disimpan dengan baik.

Hingga berita ini dinaikkan tim media belum dapat mengkonfirmasi pihak-pihak terkait,baik dari PT.GCS ataupun PT.PMM,dari hasil temuan ini tim akan menyampaikan kepada pihak berwenang, sehingga para pengusaha yang nakal akan bertanggung jawab dengan apa yang sudah dilakukan. {Bondet}

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *