Dalam rangka Hardikal Ke-75 Tahun 2021 Kodiklatal Menyelenggarakan Donor Darah

 16 total views,  2 views today

 

Anggota prajurit TNI AL mengikuti Donor Darah
Anggota prajurit TNI AL mengikuti Donor Darah

Surabaya, Indonesia Jaya – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) Ke-75 tahun 2021, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut
(Kodiklatal) menyelenggarakan donor darah konvensional dan plasma konvalesen di
Gedung Mulyadi dan R.E. Martadinata, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Kamis (08/04/21).

Kegiatan tersebut akan ditinjau secara langsung oleh Komandan Kodiklatal Laksamana Madya
TNI Nurhidayat dan Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat. Kegiatan sosial ini dilaksanakan bekerja sama dengan kantor Cabang PMI Sidoarjo,
dan PMI Gresik dengan target 1.500 kantong darah dan 200 plasma konvalesen.

Donor darah tersebut diikuti oleh seluruh Prajurit, PNS dan Jalasenastri PG Kodiklatal serta perwakilan dari Kotama TNI AL wilayah Surabaya, diantaranya : Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

Kegiatan donor darah bertujuan untuk membantu masyarakat Jawa Timur yang membutuhkan darah dan sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial dari prajurit Kodiklatal dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI pada masa Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun lebih.

Kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) Ke-75 tahun 2021 Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat juga turut berpartisipasi dengan mendonorkan darah konvensional.

Selesai mendonorkan darah di temui awak media Dankodiklatal menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat Jawa Timur yang membutuhkan darah.

Dan sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial dari prajurit Kodiklatal dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI pada masa Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun lebih.

Selain itu, pelaksanaan donor darah ini dilaksanakan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H karena pada masa itu, jumlah pendonor ke PMI akan berkurang secara drastis sehingga stok darah di PMI menipis.

Kegiatan donor ini setiap tahunnya, Kodiklatal menyelenggarakan empat kali. Keempat kegiatan tersebut pada saat memperingati Hardikal, HUT Jalasenastri, HUT TNI AL dan setiap akhir tahun, jelas Dankodiklatal.

Lanjut Dankodiklatal kegiatan sosial donor darah ini juga dilaksanakan donor plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan bagi masyarakat yang sedang terinfeksi virus corona. Targetnya sebanyak 200 personel, baik antap maupun siswa akan mengikuti donor plasma konvalesen, imbuhnya.

Dalam pelaksanaan donor darah Hardikal Ke-75 Tahun 2021, panitia kegiatan donor darah yang juga Komandan Pusdikkes, Kolonel Laut (K) Ketut Triwanto menargetkan, pendonor lebih sedikit dari kegiatan Hardikal sebelumnya, karena sebagian besar prajurit baru saja melaksanakan serbuan Vaksin Covid-19 yang merupakan program dari Pemerintah/Mabes TNI.

Anggota Prajurit TNI AL sedang mendonorkan Darah
Anggota Prajurit TNI AL sedang mendonorkan Darah

Untuk menghindari penyebaran virus corona dalam pelaksanaan donor darah tersebut, panitia mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Petugas mengadakan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun terhadap seluruh peserta. Protokol lainnya adalah wajib menggunakan masker, menjaga jarak antar personel serta mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ruangan. Sedangkan petugas PMI menggunakan APD secara lengkap, pungkasnya.(S nto)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *