Bersih Kubur Menjadi Tradisi Sebelum Memasuki Ramadhan

 48 total views,  4 views today

Makam sonolayu

Makam sonolayuSemarang, Indonesia Jaya – Bersih kubur atau Nyadran masih menjadi tradisi di masyarakat Jawa Tengah pada umumnya, tradisi ini dilaksanakan sebelum memasuki bulan Ramadhan setiap tahunnya. Minggu 11/04/2021 di makam Sonolayu Kel. Krapyak Kec. Semarang Barat Semarang terlihat lain dari hari biasa, disini bertepatan hari libur banyak masyarakat yang melakukan bersih – bersih kubur keluarga yang dimakamkan di tempat ini.

Salah satu warga mendo'akan keluarganya
Salah satu warga mendo’akan keluarganya

Bertepatan pula dengan tradisi Yasin dan Tahlil yang dilakukan untuk umum mendoakan arwah yang dimakamkan tempat tersebut. Giyono salah satu petugas makam mengatakan ” tradisi bersih kubur sudah berlangsung beberapa hari sebelum menjelang bulan puasa tahun ini, dan puncaknya adalah hari ini karena hari minggu pas libur. Tradisi bersih kubur juga perlu dilestarikan karena bisa menjaga kebudayaan dan untuk mengingatkan bahwa suatu saat kita akan meninggal seperti yang ada di kuburan ini” pungkasnya.

Para peziarah
Para peziarah

Menjelang siang hari warga semakin ramai, dan masyarakat yang datang bukan hanya dari lingkungan kampung sekitar, tetapi banyak dari luar kampung bahkan dari luar kota yang keluarganya dimakamkan di tempat itu.
Makam Sonolayu adalah makam perumahan dan perkampungan yang berlokasi di Krapyak Semarang dan warga sekitar selalu menjaga pemakaman agar tetap bersih, rapi dan nyaman dikunjungi. (RB)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!