PT.KSA Lempar Tanggung Jawab,Terkait Limbah B3 Di Tengah Pemukiman Warga

 68 total views,  4 views today

 

PT.karunia sejahtera abadi yang ada di raya bypass Mojokerto-surabaya
PT. Karunia Selaras Abadi yang ada di raya bypass Mojokerto-Surabaya

Sidoarjo, Indonesia Jaya – Limbah B3 adalah akronim dari bahan beracun dan berbahaya yang menurut PP no. 101 tahun 2014, definisinya adalah sisa usaha atau kegiatan yang mengandung zat atau komponen yang secara langsung maupun tidak dapat mencemarkan, merusak, atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain,.

Akan tetapi hal lain terjadi di tempat yang padat pemukiman,dimana ada beberapa tumpukan kaleng,drum dan limbah lainnya yang menumpuk di lahan warga setempat,dalam pengamatan Tim awak media Indonesia jaya saat berada di lokasi ada beberapa kaleng dan drum bekas yang diduga mengandung zat kimia berbahaya,.

Dalam drum dan kaleng tersebut tertera nama sebuah perusahaan yang beralamat di raya bypass Mojokerto-Surabaya yakni PT.Karunia Selaras Abadi,. Sabtu 22/5/21 Tim awak media Indonesia jaya mendatangi perusahaan yang diduga sebagai penghasil limbah B3, sekitar pukul 09.00 wib tim ditemui beberapa security dan kami langsung saja menyampaikan maksud dan tujuan datang ke PT.Karunia Selaras Abadi yakni untuk menghadap humas/HRD perusahaan, setelah mengisi data sebagai tamu, security langsung menuju kantor perusahaan,.

Tumpukan kaleng yang terkontaminasi limbah B3 dari PT.karunia sejahtera abadi
Tumpukan kaleng yang terkontaminasi limbah B3 dari PT. Karunia Selaras Abadi

Selang beberapa menit datanglah security menghampiri kami di ruang tunggu tamu,namun sayang jawaban yang disampaikan pihak security jauh dari harapan kita,yakni pihak humas/HRD tidak mau menemui dan menyampaikan pada security bahwa limbah B3 yang sudah keluar dari perusahaan sudah bukan urusan perusahaan melainkan urusan transportir,.

Sungguh amat disayangkan apa yang dilakukan oleh pihak HRD yang tidak begitu menghargai jurnalis yang datang ke perusahaan, Kedatangan beberapa jurnalis ke perusahaan guna mengkonfirmasi adanya limbah B3 yang diduga dihasilkan perusahaan PT.Karunia Selaras Abadi,.

Limbah B3 mengandung zat atau bahan anorganik berbahaya yang bersifat teratogenik. Teratogenik itu sendiri dilansir adalah sebuah bahan berbahaya yang dapat membuat perkembangan menjadi tidak normal. Seperti misalnya dalam medis, perkembangan dari sel selama masa kehamilan yang dapat merusak embrio.

Drum bekas yang ada di tengah pemukiman warga,dan masih menimbulkan bau menyengat
Drum bekas yang ada di tengah pemukiman warga dan masih menimbulkan bau menyengat

Limbah B3 seringkali kita temui sehari-hari, namun karena ketidaktahuan tanpa sadar kita memperlakukan jenis limbah ini sama seperti kita memperlakukan sampah biasa. Padahal, konsekuensi jangka panjangnya terhadap lingkungan dan kesehatan kita sangat berbahaya,.

Maka dalam hal ini di duga PT. Karunia Selaras Abadi ikut terlibat dalam menggunakan transportir pengangkut limbah B3 yang legalitasnya kurang memenuhi syarat, sehingga untuk dumping tidak sesuai manifest dan endingnya seperti apa ketika limbah B3 yang sudah jelas mengandung bahan berbahaya dan beracun bisa dengan mudah di bongkar dan ditumpuk di pemukiman warga,.

Dari temuan itu Tim berusaha mencari keterangan dari penanggung jawab terkait penempatan beberapa kaleng dan drum yang diduga terkontaminasi limbah B3 itu,maka munculah seseorang mengaku bernama Mr.B,.
Menurut keterangan dari Mr.B semua barang tersebut dikirim oleh Deny selaku pemilik transportir PT.Aryaguna Sejahtera Abadi,saya hanya bertugas memilih dan mengelolah jenis barang yang bisa dijual kembali,untuk hal lain saya tidak tau “ungkap Mr.B kepada awak media Indonesia jaya.

Sampai berita ini dinaikan kami masih mencari pihak-pihak terkait untuk dikonfirmasi {Bondet}

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!