Serap Aspirasi di Wajo, Ketua DPD RI Kunjungi Makam Keturunan Nabi Muhammad

 28 total views,  2 views today

Ketua DPD RI dijamu makan siang oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud, di kediamannya yang berada di Sengkang, Wajo, Sulsel, Jumat (28/5/2021)
Ketua DPD RI dijamu makan siang oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud, di kediamannya yang berada di Sengkang, Wajo, Sulsel

Wajo, Indonesia Jaya – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Jumat (28/5/2021), mengunjungi sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan. Perhentian pertama adalah Kabupaten Wajo, yang terkenal dengan kesuburan wilayahnya.Nyalla yang didampingi Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni, Wakil Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin, Anggota Komite I DPD RI Muhammad Idris dan Jialyka Maharani, serta anggota DPD Dapil Sulsel Andi Muh Ihsan dan Lily Amelia Salurapa, berangkat dari Makassar dengan berkendara mobil selama 4 jam.

Senator asal Jawa Timur itu mengawali kunjungan kerjanya di Wajo dengan mengunjungi Makam Tosora, kompleks makam tua yang merupakan cagar budaya. Di Makam Tosora, terdapat makam Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini yang merupakan keturunan ke-19 dari Nabi Muhammad SAW.

Syekh Jamaluddin diketahui datang dari Arab Saudi untuk menyebarkan agama Islam kemudian mendirikan masjid dari bebatuan dan merekatkannya dengan putih telur.

“Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini adalah mubaligh terkemuka yang menyebarkan Islam di Nusantara. Beliau adalah guru Wali Songo. Kita datang ke sini untuk memberikan penghormatan atas keluhuran Syekh Jamaluddin,” ungkapnya.

LaNyalla pun menjalani ibadah Salat Jumat di masjid yang berada di Kompleks Pemakaman Tosora di Kecamatan Majauleng.

Dari Makam Tosora, LaNyalla dan rombongan dijamu makan siang di kediaman Bupati Wajo di Sengkang. Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD RI menegaskan kedatangannya ke Wajo untuk mendengar persoalan daerah.

“Kami para Senator di DPD RI sudah bertekad untuk menjadikan Lembaga DPD RI sebagai ‘advokat’ daerah. Sebagai solusi atau jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi daerah,” kata LaNyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI ini mengatakan, DPD RI bertekad untuk menjadi mata, telinga, hati dan mulut bagi kepentingan daerah untuk diartikulasikan di pusat. menurutnya,DPD RI siap menjadi penyambung aspirasi daerah.

“Sehingga eksekutif, sebagai pengambil kebijakan dapat mendengar langsung apa yang menjadi permasalahan di daerah,” tutupnya.

Kedatangan LaNyalla di Wajo disambut oleh Bupati Amran Mahmud, Dandim 1406/Wajo Letkol Inf Muhammad Juanda Dinata, Wakapolres Wajo Kompol Andi Tonra Lipu, beserta Forkopimda lainnya.

“Kehormatan luar biasa atas kedatangan Bapak Ketua DPD RI beserta rombongan. Alhamdulillah kita berada di tempat yang mubarak ini. Untuk diketahui, air wudhu di sini memiliki kandungan yang sangat luar biasa, karena sudah melalui penelitian,” jelas Amran.

Menurutnya, Pemkab Wajo berencana melakukan pembangunan di Makam Tosora. Namun, masih menunggu izin dari pihak pemprov karena Makam Tosora merupakan cagar budaya, yang harus dipertahankan keasliannya.(V2)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!