Menengok Keindahan Wisata Alam Lembah Gunung Sari Malang

 36 total views,  4 views today

Lembah Gunung Sari
Lembah Gunung Sari

Malang, Indonesia Jaya – Destinasi wisata di daerah kota Malang Jawa Timur bertambah beberapa tahun terakhir ini, salah satunya wisata alam Lembah Gunung Sari. Letaknya di jalan raya Klampok desa Kucur kecamatan Dau kabupaten Malang Jawa Timur, menjadi pilihan tempat wisata bagi warga masyarakat sekitar dan wisatawan lokal dari kota Malang.

Lembah Gunung Sari merupakan sumber air pada kala itu dan merupakan satu – satunya pengairan bagi masyarakat setempat. Disinyalir juga menurut salah satu warga bahwa nama desa Kucur juga berasal dari air yang mengucur ( keluar ) tidak habis – habis dari sumber air tersebut.

Kepala Desa Kucur Bapak Abdul Karim saat ditemui pada minggu 6/6/2021 memberikan informasi “sumber air di tempat tersebut sudah ada sejak lama, bahkan tidak tahu pasti kapan ditemukannya, dan kala itu menjadi sumber pengairan bagi warga desa. Tetapi setelah ada air meter dari pemerintah / PDAM sumber air sudah tidak digunakan lagi. Pada saat ini tempat wisata ini masih dalam proses pembangunan, tetapi sudah banyak wisatawan lokal yang berkunjung untuk liburan pada hari libur. Wisatawan akan disuguhkan kolam gebyuran bagi anak – anak dan juga untuk dewasa, dengan air yang dingin dengan kedalaman kolam 50 cm dan 100 cm.

Salah satu pondok untuk keluarga

“Pada tahun 2018 warga desa mulai melestarikan tempat tersebut menjadi tempat wisata yang dikelola warga dengan dana desa atau pemerintah dan baru dibuka pada pertengahan tahun 2019. Area seluas 3Ha dan masih banyaknya pohon – pohon besar yang asri menjadi daya tarik wisatawan. Salah satu sumber mata airnya juga dipercayai memberikan daya tarik seperti awet muda, itupun menurut kepercayaan orang terdahulu”,pungkasnya.

Sebelum pandemi covid-19 wisatawan juga disuguhkan kesenian seperti kuda lumping, tarian jawa dan lain – lain, tetapi semenjak pandemi ini kesenian diberhentikan.

Kepala desa Bapak Abdul Karim
Kepala desa Bapak Abdul Karim

Pada hari minggu sebelum pandemi pengunjung bisa mencapai 500 – 700 wisatawan baik lokal kota Malang dan sekitarnya. Diharapkan tempat wisata Lembah Gunung Sari pembangunan cepat selesai , supaya bisa menjadi salah satu destinasi wisata di kota Malang dan bisa menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi desa dan warga sekitarnya. (Robby)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!