Pemkab Situbondo Tambah RS Rujukan Covid – 19

 116 total views,  2 views today

Foto sekda kabupaten Situbondo Syaifullah
Foto sekda kabupaten Situbondo Syaifullah

Situbondo, Indonesia Jaya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo meminta Rumah Sakit (RS) Mitra Sehat menjadi rumah sakit rujukan penanganan covid-19 seiring keterisian tempat tidur di RSUD dr. Abdoer Rahem dan Rumah Sakit Elizabeth sudah penuh.

Sejak Rabu (23/6), dua rumah sakit rujukan pasien covid-19 di Situbondo, yakni RSUD dr. Abdoer Rahem dan Rumah Sakit Elizabeth semua tempat tidur ruang ICU dan non-ICU telah terisi penuh pasien. Bahkan, sejumlah pasien baru positif antre dan sementara harus dirawat di ruang IGD.

“Sebagai upaya pemerintah, sesuai petunjuk Pak Bupati, hari ini kami menambah RS Mitra Sehat sebagai rumah sakit rujukan pasien covid-19,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Situbondo Syaifullah dalam rekaman video yang disebar di sosial media.

Menurut ia, petugas dari Dinas Kesehatan Situbondo juga telah melakukan visitasi kelaikan RS Mitra Sehat menjadi rumah sakit rujukan sebagai upaya antisipasi apabila terjadi lonjakan kasus baru covid-19 di Situbondo.

“Pada siang hari ini petugas dari Dinas Kesehatan sudah melakukan visitasi dan hasilnya RS Mitra Sehat layak menjadi rumah sakit rujukan,” tuturnya.

Syaifullah menyebutkan, manajemen RS Mitra Sehat menyatakan siap menyediakan 16 tempat tidur non-ICU atau ruang isolasi pasien covid-19 dan satu tempat tidur ICU.

“Mudah-mudahan dengan penambahan tempat tidur ICU dan non-ICU di RS Mitra Sehat bisa menampung pasien apabila terjadi lonjakan kasus covid-19,” katanya.

Syaifullah yang juga Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo itu menjelaskan bahwa tingkat penularan virus corona Situbondo berada di urutan ke-14 dari 38 kabupaten/kota di Jatim.

“Meskipun Situbondo berada di urutan 14 kasus positif di Jatim, namun kami tetap waspada dan terus mengantisipasinya. Harapan kami bisa terus menekan laju penularan covid-19,” katanya. (H.5)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!