Salah Satu Musholah Di Desa Sumur Dalam Di Larang Untuk Kegiataan Ke Agamaan

 312 total views,  2 views today

Mushola Nurul Ustiqomah yang di larang untuk kegiatan ke agamaan desa sumur dalam kecamatan besuk RT RW 006 002 Dusun Makam
Mushola Nurul Ustiqomah yang di larang untuk kegiatan ke agamaan desa sumur dalam kecamatan besuk RT RW 006 002 Dusun Makam

Probolinggo, Indonesia Jaya – Musholah Nurul istiqomah yang ada di desa sumur dalam dusun Makam RT RW 006 002 Kecamatan besuk di larang untuk aktivitas ke agamaan oleh seorang yang ber inisial Tomo sekeluarga 19/juli/2021

Menurut salah satu tokoh agama yang ada di samping Musholah Nurul istiqomah sebut saja Habib alwi al kaf Sejak terjadinya penutupan kegiatan agama yang ada di desa sumur dalam RT RW 006 002 dusun Makam,kecamatan besuk, kabupaten probolinggo terjadi sengketa pekarangan dengan istri saya. Namun saya sebagai kepala rumah tangga tetap mendampingi istri saya sekaligus ahli waris dari tanah sengketa, masak mas untuk di sholati 5 waktu saja di larang, dan beberapa bulan yang lalu tetangga ini ada yang meninggal mau di sholati di mushola tidak izinkan oleh Pak Tomo dan sekeluarga. apa lagi besok ini kan hari Idul adha rencana warga mau di tempati untuk sholat hari raya idul adha malah saya tidak boleh sholat di musholah padahal mushola itu sudah ada sejak mbah mertua saya ujarnya.

Tokoh Agama Habin Alwi Al Kaf
Tokoh Agama Habin Alwi Al Kaf

Saat awak media Indonesia Jaya mewawancarai ahli waris sebut saja ibu miswa dan keluarga untuk menggali keterangan yang sesungguhnya di kediamannya Dusun Makam RT RW 006 002 desa sumur dalam kecamatan besuk kabupaten probolinggo Menceritakan asal usul tanah tersebut Atas nama mbah saya pk salemo dengan no 189 luas tanah 590 da , kok tiba tiba tanah yang ada di depan rumah saya dan musholah sudah muncul sirtifikat. dasarnya pk tomo itu dari mana kalau dia ahli waris, dia bukan termasuk dari keluarga pk salemo menurut saya di desa ini kadesnya ada kong kalikong dengan pk tomo sehingga tanah dari keluarga saya di srobot oleh keluarga pk tomo pungkasnya ibu miswa selaku istri habib alwi al kaf.

Masih tetap awak media Indonesia Jaya minta komfirmasi kepala desa sumur dalam Abdul Rauf lewat via chat whasaap maaf pak informasinya sepihak ya gak benerlah ada yg ngelarang beribadah diindonesia ini apalagi solat bagi umat muslim apalagi diwilayah kecamatan besuk yang mayoritas warganya hampir 99% memeluk agama islam pak kalau sampean mendapat informasi tersebut diatas itu HOAX adanya pak.Dan awak media pun menjawab saya hanya kuli tinta dan saya dapat informasi langsung dari narasumber, saya butuh komfirmasi dari jenengan agar berita yang akan saya naikan berimbang. Kepala desa pun menjawab kalaupun bener dari salah satu warga yang namanya anda sebut diatas bisa jadi itu fitnah, yang saya tahu fakta dilapangan pak, berdasarkan keterangan warga skitar (kasun,tokoh masyarakat,tetangga kanan kiri,depan belakang) tidak begitu adanya pak. tidak ada warga yang melarang sholat dimusollla tersebut,karna musolla itu wakaf dari pemilik sebelumnya pak dan tidak ada disekitar musolla tersebut.Tanahnya bersertifikat,seperti keterangan beliau, yang ada beliau bersikukuh bahwa musolla tersebut berdiri diatas tanah istri beliau. memang betul sebagian berdiri diatas tanah Bu Miswa tapi musolla tersebut,sudah ada sebelum tanah disalin atao diubah nama kepada waris atau AJB yang lain, berdasar pada tahun pembuatan akte tanah tersebut sudah diaktekan masing-masing oleh pejabat desa sebelum saya menjabat pungkas Pak Kades Abdul Rauf Lewat chat whasaap.

Kepala desa Sumur dalam Abdul Rauf
Kepala desa Sumur dalam Abdul Rauf

Masih lanjut chat via whasaap dengan pak kades sumur dalam Abdul Rauf,awak media terus menggali informasi untuk melengkapi pemberitaannya. Awak media” saya mau komfirmasi terkait ke agamaan dan saya sudah komfirmasi dengan Pak camat.. Tinggal jenengan.. kalau soal tanah itu kewenangan desa, coba sampeyan ngasih komfirmasi terkait tempat ibadah itu, Pak Kaded menjawab gak ada masalah pak. Musolla itu milik masyarakat dilingkungan tersebut pak bukan milik perorangan jadi gak ada kalau ceritanya ada salah satu warga yg melarang solat dimusolla tersebut pak, 2x pun sya mediasi tapi yek alwix malah lari pak. Setelah awak media komfirmasi dengan habib ALWI AL KAF itu semua pernyataan dari kades sumur dalam Abdul Rauf Tidak benar ungkapnya dengan nada emosi.

Camat Besuk puja kurniawan.S.STP.M.SI
Camat Besuk puja kurniawan.S.STP.M.SI

Saat awak media Indonesia Jaya minta mediasi kepada camat besuk Puja Kurniawan.S.STP.M.SI Melalui sambungan via telefone Whasaap, saya sudah pernah mediasi terkait tanah sengketa itu namun kedua pihak tidak ada yang mau mengalah setelah itu saya menyarankan untuk menyelesaikan masalah itu ke pengadilan mas, karena masalah itu sudah lama. Dan saya untuk Mediasi soal sholat idul adha besok tepat tanggal 20/Juli/2021 saya tidak bisa karena ke dua pihak tidak ada yang mau mengalah, kalau saya sudah rapat dengan MUI Dan MWC NU Kecamatan Besuk Kabupaten probolinggo. Bahkan MUI dan MWC sudah kami kirim SE Bupati Probolinggo. Hasil rakor kami dengan MUI dan MWC NU sangat sulit mengingat warga tetap menginginkan tetap melaksanakan Sholat Idul Adha, sehingga disepakati opsi tetap dilaksanakan dengan tetap mentaati prokes dan memakai musholla-musholla untuk mengurangi kerumunan dalam kegiatan sholat idul adha di Masjid justru saya mendukung selaku saya ketua satgas covid 19 di kecamatan besuk kabupaten probolinggo biar tidak terlalu banyak yang pergi ber ibadah ke masjid dan tidak menimbulkan kerumunan ungkapnya camat besuk Puja Kurniawan.S.STP.M.SI (S.rul)

Bagikan berita ini

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!