Wali Kota : Masalah Sampah Tanggung Jawab Bersama

 288 total views,  10 views today

Wali Kota:Masalah Sampah itu Tanggung Jawab Bersama

Probolinggo, Indonesia Jaya – Sampah merupakan permasalahan yang harus fokus diselesaikan secara bersama-sama. Tidak saling menyalahkan. Bahkan jika diolah sampah bisa berguna dan bisa meningkatkan nilai ekonomi. Inilah yang disampaikan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin saat menghadiri Sosialisasi Pengelolahan Sampah Masyarakat Kelurahan, Kamis (20/10), yang diikuti ketua RT/RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kelurahan Kedungasem.

“Mudah-mudahan dengan adanya acara ini ada sampah yang bisa meningkatkan perolehan ekonomi. Mon oneng cara mengolah sampah, bisa daddi daur ulang, komposting. Karena untuk berhasil pasti ada proses. Yang penting ada niat dan usaha mengelola barang bekas. Masalah sampah merupakan tanggung jawab bersama,” ujar Habib Hadi menyemangati peserta.

Orang nomor satu Kota Probolinggo itu juga mengingatkan bahaya banjir yang salah satu penyebabnya adalah sampah yang dibuang sembarangan di aliran sungai. Habib Hadi mengimbau untuk para camat, lurah, maupun ketua pokmas untuk menggerakkan warganya untuk melakukan kerja bakti, bersih-bersih sampah.

“Kalau bisa jangan di grup, melainkan japri satu-satu melakukan kerja bhakti. Kalau butuh alat berat seperti ekskavator, kami bisa bantu. Yang penting ada ikhtiar dan doa, agar dijauhkan dari bencana seperti yang terjadi akhir-akhir ini,” tegas wali kota.

Pada kesempatan itu, wali kota kembali mengingatkan masyarakat mendukung kampanye “We Love Cities” dengan cara memilih atau vote melalui website. “Kota Probolinggo bisa mendunia bukan karena wali kotanya. Namun, keberhasilan ini karena kekompakan warganya. Bisa dibantu ke istri, anak, dan saudara lainnya,” imbuh mantan anggota DPR-RI tersebut.

Habib Hadi juga meminta kepada Ketua Pokmas Percajeh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bukan hanya sosialisasi. “Anggota pokmas atau masyarakat yang diundang disini harus diberi peran untuk menyadarkan lingkungan masing-masing. Kalau lingkungan bagus, yang merasakan enaknya adalah masyarakat itu sendiri. Udaranya segar, bersih lingkungannya, bisa menjadi percontohan untuk lainnya dan akhirnya menjadi amal ibadah kita karena memberikan contoh yang baik,” tuturnya.

Hadir dalam giat tersebut sekaligus memberi arahan yaitu Wakil Ketua I DPRD Kota Probolinggo, Nasution. Pria yang akrab dipanggil Cak Yon tersebut memberikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kota Probolinggo. Dan, mengumpamakan bahwa legislatif dan eksekutif seperti suami-istri yang harus berdiskusi untuk kemaslahatan dan kesejahteraan warganya. Tampak hadir dalam giat tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rachmadeta Antariksa dan Camat Wonoasih Deus Nawandi.(SB)

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: pemimpin redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *