Posko Nataru Bandara Juanda Layani 232.011 Penumpang Setelah Enam Hari Berjalan

 68 total views,  8 views today

Penumpang di Bandara Udara Internasional Juanda
Penumpang di Bandara Udara Internasional Juanda

Surabaya, Indonesia Jaya – Bandar Udara Internasional Juanda telah membuka Posko Pelayanan Natal dan Tahun Baru sejak Senin (19/12/2022). Setelah enam hari berjalan, atau hingga Sabtu (24/12/2022) total penumpang yang telah dilayani adalah sejumlah 232.011, meningkat 58 persen jika dibandingkan dengan periode Posko Nataru tahun sebelumnya sejumlah 146.908 penumpang. Jika dirata-rata maka penumpang harian di periode posko tahun ini adalah sejumlah 38 ribu penumpang per hari atau tumbuh 15 persen jika dibanding hari operasional biasa yakni sejumlah 33 ribu penumpang harian.

“Tren peningkatan jumlah penumpang terlihat sejak H-4 Natal atau tanggal 21 Desember 2022, yakni sejumlah 39.058 penumpang, kemudian di hari berikutnya sejumlah 40.055 dan puncak pertama terjadi pada Jumat 23 Desember 2022 sejumlah 40.608 penumpang,” ungkap General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar.

Dirinya menambahkan tren pertumbuhan penumpang yang signifikan terjadi pada penumpang internasional. Hal ini dikarenakan pada periode posko tahun sebelumnya, Bandar Udara Internasional Juanda belum dibuka sebagai pintu gerbang penerbangan internasional.

“Saat ini per hari ada sejumlah 5 ribu penumpang internasional dimana pada tahun sebelumnya sama sekali tidak ada, sehingga memang terlihat pertumbuhan penumpang internasional yang signifikan. Beberapa penumpang yang kami temui mengaku memanfaatkan libur akhir tahun dan libur sekolah untuk ke luar negeri, rata-rata tujuan Singapura kemudian melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya via Bandara Changi,” ujarnya.

Pertumbuhan yang sama juga terjadi pada pergerakan pesawat, dimana pada periode Posko tahun ini rata-rata harian adalah sejumlah 267 pergerakan pesawat atau tumbuh 41 persen dibanding tahun sebelumnya yakni 190 pergerakan pesawat per hari.

“Mengantisipasi hal-hal tersebut kami telah memastikan fasilitas dalam kondisi siap untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru,” jelas Sisyani.

Selain memastikan kehandalan fasilitas, guna memeriahkan Natal Tahun 2022, Bandar Udara Internasional Juanda menghadirkan suasana berbeda di Terminal 1 melalui pemasangan booth dan balon gate dengan nuansa Natal di area ruang tunggu 5. Selain melalui dekorasi, kemeriahan momen libur Natal juga bertambah dengan pembagian souvenir cokelat bagi penumpang anak-anak dan penampilan musik dari Nusantara Rhythm, sebuah grup musik asal Situbondo dengan aliran musik etnik yang memainkan perpaduan alat musik tradisional dan modern.

Penampilan seni musik ini dapat terealisasi karena kerjasama apik PT Angkasa Pura I Bandara Juanda dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur untuk meningkatkan pelayanan di bidang informasi kepariwisataan dan promosi potensi daerah Jawa Timur. Bentuk kerjasama ini berupa pelayanan informasi dan promosi kepariwisataan serta penampilan potensi daerah Jawa Timur dalam bentuk pertunjukan seni budaya, pameran objek kebudayaan dan ekonomi kreatif yang bersifat non komersial kepada pengguna jasa Bandar Udara Internasional Juanda.

Upaya Bandara Juanda untuk menghadirkan kemeriahan dan suka cita natal di bandara diapresiasi para pengguna jasa. Malik, penumpang tujuan Balikpapan merasa senang karena penampilan musik etnik jarang dilihatnya secara langsung. “Seringnya melihat musik-musik pop dengan lagu-lagu yang populer. Tadi saya mendengar Indonesia Pusaka dikemas dengan iringan angklung, syahdu sekali,” ujarnya.

Pada Hari Minggu (25/12), Bandar Udara Internasional Juanda juga menghadirkan pemeran Santa Klaus yang menyapa para pengguna jasa. Kehadirannya disambut meriah terutama para penumpang cilik yang bergantian berfoto bersama Santa. Tak hanya melayani permintaan foto, Santa Klaus juga membagikan souvenir cokelat bagi para penumpang anak-anak. “Tadi anak saya sempat juga bernyanyi di depan mini stage dan mendapat kado natal dari Santa, suka cita Natal sangat terasa bagi kami yang bepergian dari Bandara Juanda untuk merayakannya,” ungkap Olivia yang akan terbang menuju Lombok. (S nto)

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: Sunarto Korlip MIJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *