148 Peserta Ikuti Pemilihan Duta Baznas Jawa Timur

 164 total views,  10 views today

Pembukaan pemilihan Duta Baznas Jawa Timur
Pembukaan pemilihan Duta Baznas Jawa Timur

Surabaya, Indonesia Jaya – Dalam rangka HUT Baznas yang ke-22, Baznas Jawa Timur menggelar ajang pencarian Duta Baznas dengan tema “Milenial Berzakat, Jatim Kuat.”

Kegiatan pemilihan Duta Baznas di Jawa, Timur ini yang pertama kali di Indonesia, dan di ikuti 148 peserta dari seluruh Jawa Timur dan di laksanakan di Islamic Center, Surabaya, Minggu (15/01/23).

Pemilihan Duta Baznas ini bertujuan untuk anak – anak muda yang terpilih agar ikut membantu Baznas memberikan edukasi kepada para kaum milenial tentang Zakat, Infaq dan Shodaqoh.

KH M.Roziqi Ketua Baznas Jatim mengatakan, kegiatan hari ini antara lain dalam rangka Hari Ulang Tahun Baznas yang ke-22, Jawa Timur mengadakan yang namanya Duta Baznas, untuk memperkenalkan nanti anak-anak yang sudah terpilih ikut memberikan edukasi kepada para pemuda, para pemudi, para pengusaha muda, pengusaha mudi tentang zakat, tentang infaq shodaqoh agar supaya bisa lebih terkumpul melalui baznas dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat yang kurang mampu Dhuafa, Uqhoroh, Masakin.

“Ini merupakan kegiatan perdana yang diinisiasi oleh Baznas Jawa Timur, jadi untuk Provinsi yang lain belum ada, untuk pusat juga belum ada tapi karena inisiasi merupakan sesuatu yang baik maka kita coba dan alhamdulillah Bu Gubernur Jawa Timur sangat senang dan mendorong terlaksananya Duta Baznas di Jawa Timur saat ini,” terang KH.M. Roziqi, Minggu (15/01/23).

KH. M. Roziqi Ketua Baznas Jawa Timur saat memberikan sambutan di pembukaan pemilihan Duta Baznas
KH. M. Roziqi Ketua Baznas Jawa Timur saat memberikan sambutan di pembukaan pemilihan Duta Baznas

Dan insya Allah nanti dari pusat juga kita undang dari Baznas RI biar tahu seperti apa pemilihan Duta Baznas di Jawa Timur ini, imbuh KH. M. Roziqi.

Lanjut KH. M. Roziqi, Saya yakin nanti kalau memang ini sukses maka akan ada juga yang namanya Duta Baznas RI di Jakarta, makanya ini kami minta ya di dorong, di doakan mudah-mudahan nanti bisa berjalan lancar bisa sukses dan bisa menghasilkan para duta – duta yang terbaik yang hari ini kita mulai melaksanakan Interview.

“Jumlah peserta yang daftar itu banyak yang sesuai dengan persyaratan administrasi kurang lebih 148, kemudian hari ini kita lakukan interview mulai pagi sampai dengan sore, kemudian dari hasil ini nanti kita ambil kemudian Grand finalnya minggu depan untuk diambil juara I, II, III, dan harapan I, II, III,” jelasnya.

KH. M. Roziqi juga menuturkan, pesertanya dari seluruh Jawa Timur karena dibuka pendaftarannya secara online sehingga lumayan banyak yang daftar, saya perkirakan nggak sampai segitu tapi alhamdulillah ternyata yang daftar banyak, Alhamdulillah berarti mereka tertarik untuk bersama-sama dengan Baznas Jawa Timur.

“Untuk nanti yang terpilih kita ajak bersama-sama memberikan edukasi terutama kepada para pemuda Para pengusaha-pengusaha muda untuk ikut terlibat Bagaimana pengumpulan Zakat ini menjadi lebih tertib dan menjadi lebih teratur dan pengumpulannya menjadi lebih banyak.

Peserta Duta Baznas saat interview
Peserta Duta Baznas saat mengikuti interview

Sehingga kita bersama pemerintah untuk mendistribusikan bagi mereka para Duafa, para Uqhoroh dan para Masakin yang ada di Jawa Timur paling tidak ikut membantu terlibat dalam rangka mengurangi kemiskinan,” tuturnya.

Sementara itu Shaat, Ketua Panitia menuturkan, Kebetulan ini Baznas Jawa Timur bekerjasama dengan kami dari Artana Kreatif memang itu even organiser yang isinya memang pemuda – pemuda di Jawa Timur, memang kita juga bekerja sama untuk menginisiasi kegiatan awal ini pemilihan Duta Baznas Jawa Timur.

“Awalnya kita melihat para pemuda potensi, para pemuda untuk membantu sosialisasi lah atau mensyiarkan Zakat di Jawa Timur ini biar milenial sekarang biar melek lah sama yang namanya zakat,” terang Shaat.

Harapan kami dari kegiatan ini dengan terpilihnya temen – temen jadi pemuda di Jawa Timur lebih melek lagi lah sama yang namanya zakat bagaimana cara berzakat dengan baik dan siapa yang berhak menerima zakat dan lain – lain dan intinya belajarlah dan terendukasi masalah zakat.

Shaat mengatakan, kita kebetulan untuk mempersiapkan ini selama satu bulan, satu bulan sebelumnya kita mempersiapkan acara.Pada hari ini dari mulai awal waktu itu belum ada Ibu Gubernur kebetulan ada Gubernur kemudian ada petunjuk dan arahan dari Gubernur, kita langsung merubah konsep semua sesuai dengan arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, ada tahap interview, ada tahap tes tulis dengan yang terakhir nanti langsung masuk Grand Vainal, pungkasnya. (S nto)

Bagikan berita ini
kata2

Recommended For You

About the Author: Sunarto Korlip MIJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *